Sukses

Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta Mulai Besok, Catat Koridor Baru TransJakarta dan Lokasi Parkir Menuju JIS

Pemerintah DKI Jakarta menyiapkan koridor baru TransJakarta dan sejumlah kantong parkir dalam rangka memudahkan mobilisasi penonton menuju Jakarta International Stadium (JIS) selama berlangsungnya ajang Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta Jakarta International Stadium (JIS) segera menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023 perdananya pada Sabtu (11/10/2023) mendatang. Ajang sepak bola muda bergengsi dunia itu sejatinya sudah mulai bergulir per Jumat (10/11/2023), dengan acara pembukaan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Adapun JIS sendiri kebagian menjadi kandang bagi grup C dan E di Piala Dunia U-17 2023. Sang juara bertahan Brasil akan memanaskan persaingan grup C bersama Inggris, Iran, dan Kaledonia Baru, sementara grup E bakal diramaikan oleh Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Burkina Faso.

Guna mendukung kemudahan mobilitas penonton yang hendak menyaksikan perhelatan Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium, pemerintah DKI Jakarta membuka koridor baru TransJakarta, yakni koridor 14 untuk rute Senen-JIS.

Terdapat total 15 armada bus yang nantinya dioperasikan di rute ini selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Menariknya, bus tersebut juga bakal melewati satu kantong parkir penonton yakni JIEXPO Kemayoran.

Selain menyiapkan kendaraan umum Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan tiga kantong parkir untuk dimanfaatkan oleh penonton yang hendak membawa kendaraan pribadi saat menyaksikan pertandingan FIFA U-17 World Cup di Jakarta International Stadium.

Secara spesifik, ketiga kantong parkir yang dimaksud meliputi area parkir JIEXPO Kemayoran, area parkir PPK Kemayoran, serta di kawasan Ancol Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Shuttle dari Kantong Parkir Menuju JIS

Secara total, tiga kantong parkir yang disediakan Pemda DKI Jakarta boleh dikata memiliki kapasitas cukup besar untuk menampung arus penonton di Piala Dunia U-17 2023.

Area parkir JIEXPO tercatat memiliki kapasitas 8.000 mobil dan 20.000 motor, sedangkan PPK Kemayoran dapat menampung 144 mobil dan 200 motor. Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menyediakan shuttle bus untuk memudahkan mobilisasi dari kantong parkir menuju stadion.

Adapun shuttle bus yang melawani rute JIS - parking area JIEXPO dan JIS - PPK Kemayoran, masing-masing memiliki kapasitas 60 tempat duduk, dengan jadwal keberangkatan dari rentang pukul 14.00 WIB - 19.30 WIB.

Sementara itu, untuk jadwal kepulangan dari JIS menuju JIEXPO dan PPK Kemayoran, shuttle bus baru akan mulai melayani pada pukul 18.00 WIB - 23.00 WIB dengan interval kedatangan setiap 15 menit sekali.

Selanjutnya, khusus untuk kawasan Ancol Timur, terdapat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang akan mengubungkan langsung kawasan tersebut dengan JIS. Pembangunan JPO saat ini masih berlangsung dan tengah dikebut agar bisa selesai saat pertandingan pertama Piala Dunia U-17 2023 di JIs mulai bergulir.

3 dari 3 halaman

JIS Siap Gelar Pertandingan

Terlepas dari urusan transportasi dan kantong parkir Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan Jakarta International Stadium secara umum sudah siap digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Stadion tersebut sebelumnya sempat menjalani renovasi cukup signifikan, yang mencakup penggantian rumput, penambahan akses kendaraan dan pejalan kaki, hingga pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin pun mengeklaim area field of play atau lapangan utama saat ini sudah selesai diperbaiki dan dalam masa perawatan untuk menjaga kesuburan rumput.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.