Sukses

Piala Dunia U-17 2023 Segera Bergulir, Erick Thohir: VAR Sudah Dipasang

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan persiapan di keempat stadion berjalan lancar. VAR yang menjadi teknologi penting untuk menunjang penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 juga telah terpasang di masing-masing stadion.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Piala Dunia U-17 2023 bakal bergulir dalam hitungan hari. Ajang sepak bola muda bergengsi bagi tim nasional kelompok U-17 itu dijadwalkan berlangsung mulai 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Indonesia selaku tuan rumah sebelumnya telah menunjuk empat stadion untuk menjadi venue pertandingan FIFA U-17 World Cup, meliputi Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Jakarta International Stadium (Jakarta), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Total 24 negara peserta selanjutnya dibagi untuk berkandang di masing-masing stadion, dengan grup A menghuni Stadion GBT, grup B menempati Stadion Manahan, grup C dan E berbagi kandang di JIS, sedangkan grup D dan F bakal bersaing di Stadion SJH.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun memastikan persiapan di keempat stadion berjalan lancar. VAR yang menjadi teknologi penting untuk menunjang penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 juga telah terpasang di masing-masing stadion.

"Peralatannya (VAR) sudah dipasang, kan sudah mau main," ujar Erick Thohir saat ditanyai awak media selepas konferensi pers untuk memperkenalkan brand ambassador Piala Dunia U-17 2023 di bilangan Jakarta Selatan pada Rabu (8/11/2023).

Secara spesifik, Erick Tohir menjelaskan teknologi VAR di Piala Dunia U-17 2023 bakal sama dengan yang digunakan untuk Liga 1 mulai Februari. Adapun ajang ini sekaligus menjadi wadah uji coba jelang kick-off VAR di liga Tanah Air awal tahun depan.

"VAR yang di U-17 ini nanti akan dipakai dan ini sistemnya sama yang akan dipakai di Liga untuk Februari dan ini trial and error-nya di sini," tambah Erick Thohir.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

FIFA Apresiasi Kesiapan Venue Indonesia

Sementara itu terkait kondisi venue secara umum, Erick Thohir mengeklaim FIFA sudah cukup puas dengan kesiapan Tanah Air jelang menghelat ajang Piala Dunia U-17 2023.

Federasi sepak bola dunia disebut telah melakukan pengecekan pada 27 lapangan yang digunakan, baik itu lapangan pertandingan utama maupun tempat latihan.

"Venue, seperti yang FIFA bilang ada 27 lapangan, pertandingan maupun latihan. Dari 27 ini FIFA sudah cek semua, di mana FIFA happy dengan preparations-nya," tutur Erick Thohir kepada awak media.

"Saya rasa dari negara-negara yang hadir belum ada komplain. Jadi semuanya senang dengan fasilitas hotel, jarak tempuh, lapangan, transportasi, semua positif," sambung sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

3 dari 3 halaman

Terima Kunjungan Presiden FIFA

Presiden FIFA Gianni Infantino kabarnya bakal turut menghadiri pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya.Pria yang menduduki kursi tertinggi federasi sepak bola dunia dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Kamis (9/11/2023).

Ia selanjutnya akan menjalani agenda makan malam bersama Ketum PSSI, lalu bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Jumat (10/11/2023) pagi WIB.

"Presiden FIFA akan mendarat di Indonesia tanggal 9. Lalu saya ada dinner dan tanggal 10 pagi Presiden FIFA bertemu dengan Bapak Presiden, diskusi seperti apa saya tidak tahu, kita lihat nanti. Yang pasti kita akan dorong FIFA event di Indonesia tapi kita harus fokus U-17 ini sukses dulu," ucap Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.