Sukses

Piala Dunia U-17 2023 Makin Dekat, Bima Sakti Minta Timnas Indonesia Main Tanpa Beban

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti meminta anak-anak asuhnya tampil tanpa beban di Piala Dunia U-17 2023. Meski menyandang status tuan rumah dan diharapkan lolos dari fase grup, kompetisi ini dipandang sebagai momen langka yang harus dinikmati skuad Garuda Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Piala Dunia U-17 2023 bakal bergulir dalam kurun waktu dua hari. Timnas Indonesia U-17 yang menjadi bagian dari Grup A dijadwalkan melakoni pertandingan perdana kontra Ekuador pada Jumat (10/11/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti meminta anak-anak asuhnya tampil tanpa beban di turnamen kali ini. Meski menyandang status tuan rumah dan diharapkan lolos dari fase grup, Piala Dunia U-17 dipandang sebagai momen langka yang harus dinikmati skuad Garuda Asia.

"Saya tidak mau terlalu membebani pemain. Yang pasti mereka juga sadar ini kesempatan yang langka," ujar Bima Sakti saat latihan di Lapangan A, komplek Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (7/11) malam, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

Sekadar informasi, di samping Ekuador, Indonesia juga harus bersaing dengan Maroko dan Panama di fase grup A Piala Dunia U-17 2023. Skuad racikan Bima Sakti pun perlu mengamankan predikat juara grup, runner-up grup, atau setidaknya meraih peringkat tiga terbaik apabila ingin tembus ke babak knock-out.

Menanggapi tekanan itu, Bima Sakti menilai Timnas Indonesia U-17 sudah sadar akan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Oleh karenanya, pelatih Garuda Asia ogah memberi tekanan lebih dan hanya berharap Iqbal Gwijangge dkk mampu bermain maksimal dalam tiap laga.

"Mereka sudah tahu tugas dan tanggung jawab. Selalu fokus dalam setiap pertandingan dan siap memberikan yang terbaik," imbuh Bima Sakti.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-17 Optimistis Tatap Piala Dunia U-17 2023

Di sisi lain, pemain Timnas Indonesia U-17 Nabil Asyura turut mengungkap optimismenya jelang menyambut laga perdana Piala Dunia U-17 2023. Pemain jebolan Piala AFF U-16 2022 itu pede timnya siap terjun di ajang sepak bola muda bergengsi internasional.

Menurut dia, Timnas Indonesia U-17 tak lagi punya permasalahan mental jelang menghadapi lawan-lawan di grup A. Meski rival-rival mereka lebih tangguh di atas kertas, Garuda Asia bertekad memanfaatkan dukungan suporter sebagai suntikan semangat.

"Tim sudah dipersiapkan dengan baik. Saat ini kami latihan taktikal dan strategi. Kalau untuk chemistry antar pemain sudah semakin oke dan kompak," ujar Nabil dalam situs resmi PSSI.

"Insyaallah mental kami sudah tidak ada masalah menghadapi lawan-lawan di grup A. Untuk itu kami juga mohon doa dan dukungannya kepada suporter Indonesia untuk dapat memenuhi stadion saat kita bertanding."

"Itu menjadi tambahan motivasi kita agar dapat meraih hasil terbaik dan mencatatkan sejarah baru buat Indonesia," tandas pesepak bola kelahiran 2006.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Grup A Piala Dunia U-17 2023

Jumat, 10 November 2023

16.00 WIB: Panama vs Maroko (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Indonesia vs Ekuador (Stadion Gelora Bung Tomo)  

Senin, 13 November 2023

16.00 WIB: Maroko vs Ekuador (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Indonesia vs Panama (Stadion Gelora Bung Tomo)  

Kamis, 16 November 2023

19.00 WIB: Maroko vs Indonesia (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Ekuador vs Panama (Stadion Manahan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.