Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Renovasi Beres, Pelatih Timnas Brasil U-17 Kagum dengan Kemegahan JIS

Pelatih Timnas Brasil U-17 Phelipe Leal mengaku kagum dengan kemegahan Jakarta International Stadium (JIS) usai pihaknya melakukan inspeksi ke venue terkait jelang Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ajang Piala Dunia U-17 2023 bakal bergulir dalam hitungan hari. Kompetisi sepak bola bergengsi yang digelar untuk timnas muda internasional itu dijadwalkan berlangsung mulai 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Indonesia selaku tuan rumah telah menunjuk empat stadion sebagai venue pertandingan FIFA U-17 World Cup 2023, yang terdiri atas Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Jakarta International Stadium (JIS), serta Stadion Manahan (Solo).

Sebanyak 24 negara peserta dari enam grup berbeda juga sudah diatur untuk menempati tiap-tiap stadion sepanjang fase penyisihan. Adapun Grup A kebagian berkandang di Stadion Gelora Bung Tomo, disusul grup B yang menempati Stadion Manahan.

Grup C dan E berbagi markas di Jakarta International Stadium, sementara grup D dan F bakal sama-sama menghuni Stadion Si Jalak Harupat.

Sejumlah negara peserta yang telah melakukan inspeksi di masing-masing venue pun mengungkap pujian serta apresiasinya terhadap stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Salah satunya turut disampaikan oleh pelatih Timnas Brasil U-17 Phelipe Leal yang bakal mengarungi persaingan grup di JIS.

Juru taktik berusia 36 tahun itu tak menutupi dirinya sempat sanksi dengan kualitas persiapan Indonesia. Namun, keraguan itu segera terhapus usai melihat sendiri venue yang menjadi bukti keseriusan Tanah Air menggelar ajang Piala Dunia U-17 2023.

"Ini sangat gila (luar biasa)," ujar Phelipe mengomentari kemegahan venue Piala Dunia U-17 2023 di Tanah Air, sebagaimana dilansir dari rilis resmi LOC yang diterima Liputan6.com.

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia. Awalnya saya tidak sempat cari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang untuk jadi tuan rumah, tapi saya melihat kalau mereka punya keseriusan yang kuat," tambahnya.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

JIS Sempat Direnovasi Jelang Piala Dunia U-17 2023

Sekadar informasi, Jakarta International Stadium (JIS) memang sempat menjalani renovasi cukup besar jelang menghelat ajang Piala Dunia U-17 2023. Penyelenggara bersama pihak-pihak terkait melakukan perbaikan, utamanya dari segi rumput, lantaran semula dianggap tidak sesuai dengan standar FIFA.

Rumput dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang lantas dipindahkan untuk mengganti rumput di Jakarta International Stadium. Proses tersebut memakan waktu beberapa pekan, sebelum JIS akhirnya siap digunakan untuk menjadi venue pertandingan FIFA U-17 World Cup 2023.

Pelatih Timnas Brasil U-17 Phelipe Leal langsung menyuarakan kekagumannya terhadap Jakarta International Stadium yang bakal menjadi markas tim samba di fase grup. Ia menilai JIS merupakan stadion besar dan punya aspek keindahan yang membuatnya takjub.

"Ini adalah stadion yang besar, punya keindahan dan saya sangat kaget mereka (Indonesia) bisa membuat stadion seperti ini," tambah Phelipe Leal.

3 dari 4 halaman

Stadion GBT Juga Tuai Pujian

Tak hanya JIS, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya juga turut menuai pujian jelang perhelatan Piala Dunia U-17 2023. Pelatih timnas Ekuador U-17 Diego Martinez kagum dengan fasilitas stadion di Kota Pahlawan, meski ia sejatinya sempat menanggap remeh lantaran lokasinya berada di tengah area persawahan.

"Saya awalnya bingung melihat suasana stadion di sini. Beberapa area di sekitarnya tidak terlihat ada gedung-gedung untuk istirahat dan yang ada hanya area persawahan," kata Martinez.

"Awalnya saya mengira kalau fasilitas di dalam stadion akan buruk, tapi ternyata mereka punya stadion yang megah dan besar. Saya harus mengapresiasi mereka yang mempersiapkan stadion semegah ini di area persawahan," sambung dia.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup dan Venue Piala Dunia U-17 2023

Grup A: Indonesia, Ekuador, Panama, Maroko

Venue: Gelora Bung Tomo Stadium

Grup B: Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan

Venue: Manahan Stadium

Grup C: Brasil, Iran, Inggris, Kaledonia Baru

Venue: Jakarta International Stadium

Grup D: Jepang, Polandia, Argentina, Senegal

Venue: Jalak Harupat Stadium

Grup E: Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, Amerika Serikat

Venue: Jakarta International Stadium

Grup F: Meksiko, Jerman, Venezuela, Selandia Baru

Venue: Jalak Harupat Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.