Sukses

Kembali Setim dengan Adik di MotoGP 2024, Marc Marquez: Dia Rival Saya!

Marc Marquez kembali satu tim dengan sang adik Alex pada MotoGP 2024. Mereka bakal memperkuat Gresini Racing.

Liputan6.com, Jakarta - Marc Marquez kembali satu tim dengan sang adik Alex pada MotoGP 2024. Mereka bakal memperkuat Gresini Racing.

Keduanya sempat berkolaborasi di Repsol Honda pada MotoGP 2020. Namun, kebersamaan mereka tidak berumur panjang. Alex didegradasi ke tim satelit LCR Honda setahun berselang. Dia kemudian pindah ke Gresini Racing pada 2023 dengan Marquez menyusul mulai musim depan.

"Tahun depan akan menjadi tantangan yang sangat menyenangkan untuk berkompetisi dengan pabrikan lain dan tim lain, terutama dengan dan melawan saudara saya," kata Marquez, dikutip dari keterangan resmi Red Bull.

Fokus Marquez saat ini adalah berusaha menutup musim 2023 dengan kinerja terbaik. Dia ingin memberi kado perpisahan setelah 11 tahun memperkuat Honda.

Marquez mengaku keputusan itu tidaklah mudah. Namun, dia merasa perlu melakukannya dalam upaya menemukan kembali kenikmatan dalam balapan.

"Saya tidak menikmatinya, jadi saya melakukan perubahan untuk menikmati lagi. Jika tidak, maka tidak ada gunanya melanjutkan balapan dan melanjutkan karier saya. Sedangkan yang saya inginkan adalah semakin banyak balapan dalam karier saya," kata dia.

"Target saya adalah mencoba untuk menikmati balapan lagi. Jadi karena alasan itu, saya memilih Gresini karena ini adalah keluarga besar. Mereka memiliki motor terbaik di grid dan adik saya juga ada di sana," imbuh Marc Marquez.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Marc Marquez Bisa Jajal Ducati di Akhir MotoGP 2023

Meski secara resmi baru bergabung tahun depan, Marquez mendapat izin dari Honda untuk menjajal Ducati milik Gresini Racing pada tes musim dingin di Valencia, November mendatang.

Padahal jika menurut kontrak, sosok asal Spanyol ini baru bisa melakukannya di Sepang pada Februari 2024.

"Buat saya, semua tergantung dengan hubungan Anda dengan tim dan bagaimana Anda melakukan pembicaraan saat akan pergi," kata Marquez.

"Kami selalu bicara, selalu, dengan tenang untuk mencari solusi terbaik dan mengerti situasinya."

"Honda, mereka punya staf yang manusiawi. Kami juga sudah bekerja sama selama 11 tahun. Saya hanya bisa berterimakasih kepada Honda karena mengizinkan saya coba motor baru," lanjutnya.

Marquez bakal mengendarai motor spek 2023 bersama Gresini Ducati. Marquez ingin meraba-raba gaya membalap seperti apa yang harus dipakainya di MotoGP 2024.

"Setidaknya saya punya kesempatan pertama untuk memahami gaya baru saat membalap nanti," kata Marquez.

Marquez bakal mencoba motor Ducati Desmosedici GP23 pada Selasa 27 November 2023. Ini dua hari setelah seri terakhir MotoGP Valencia.

3 dari 3 halaman

Marc Marquez Panen Gelar MotoGP di Honda

Tercatat bersama Honda, Marquez telah menjadi juara dunia pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Namun, kinerjanya menurun usai cedera parah dampak kecelakaan di Jerez tahun 2020. Sejak Oktober tahun lalu, Marquez belum pernah mencicipi podium hingga akhirnya menduduki tiga besar pada MotoGP Jepang 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.