Sukses

Alasan Warlok Tak Bisa Nonton MotoGP Indonesia 2023 Gratis dari Bukit

Panitia MotoGP Indonesia bersama Polda NTB tidak lagi mengizinkan warga lokal nonton gratis dari atas bukit.

Liputan6.com, Jakarta- Pada edisi perdana MotoGP Indonesia tahun 2022 lalu, ada pemandangan menarik. Beberapa warga lokal bisa menonton balapan dengan gratis lewat bukit-bukit. Ada sekitar lima bukit yang dimanfaatkan warga sekitar untuk menyaksikan aksi Marc Marquez dan kawan-kawan.

Suasana menonton gratis MotoGP Indonesia dari atas bukit tak kalah seru dari tribun penonton. Bahkan banyak pedagang asongan dan starling yang ikut meramaikan dan mencari rejeki di bukit-bukit tersebut.

Namun bukit-bukit yang bisa dipakai menonton gratis ini sudah tidak bisa lagi pada tahun 2023. Kelima bukit di sekitar Sirkuit Mandalika akan dijaga ketat oleh aparat keamanan. Warga dilarang menonton dari sana.

Ada alasan sendiri, ITDC, MGPA dan Polda NTB melarang warga menonton gratis dari atas bukit di Sirkuit Mandalika. Dikhawatirkan terjadi insiden yang tidak diinginkan yang bisa merusak nama baik Indonesia di dunia internasional.

"Setelah dilakukan evaluasi dengan teman2 termasuk pihak Polda NTB kita harus memperhatikan faktor keamanan. Bagi sebagaian orang mungkin keren bisa nonton dari bukit. Tapi itu mengabaikan faktor keamanan. Kami dapat arahan dari Polda, kami berkomunikasi, hal itu tak bisa dibenarkan," ujar Direktur Operasional ITDC Troy Waroka kepada Liputan6.com di Command Center Polda NTB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belajar dari MotoGP Indonesia Tahun Lalu

Pengelola MotoGP Indonesia 2023 belajar banyak dari kejadian di tahun lalu. Beberapa kekurangan dievaluasi dan diperbaiki pada tahun ini.

"Kalau sudah berbciara keamanan ini menyangkut nama baik Indonesia. Jika terjadi insiden di bukit itu diberitakan ke seluruh dunia efeknya semua membicarakan. Lebih baik mencegah. Dari MotoGP pertama banyak proses pembelajaran yang kita lakukan," tegas Troy.

3 dari 3 halaman

Jadwal MotoGP Indonesia 2023

Minggu, 15/10/2023

09.40-09.50 WIB: Pemanasan

10.00-10.35 WIB: Parade Pembalap

14.00-14.50 WIB: Balapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.