Sukses

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Shin Tae-yong Ungkap Alasan Panggil Hokky Caraka dan Dzaky Asraf ke Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasan pihaknya memanggil dua nama baru, yakni Hokky Caraka dan Dzaky Asraf, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei Darussalam. Juru taktik asal Korea Selatan menilai kedua pemain memang menunjukkan performa bagus saat kualifikasi Piala Asia U-23.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasan memanggil dua nama baru, yakni Hokky Caraka dan Dzaky Asraf, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei Darussalam.

Juru taktik yang pernah menangani Korea Selatan itu menilai kedua pemain memang menunjukkan performa bagus saat kualifikasi Piala Asia U-23, sehingga layak diberi kesempatan tampil bersama timnas senior.

"Memang salah satu alasannya karena permainan mereka bagus saat (kualifikasi) Piala Asia U-23 kemarin," ujar Shin Tae-yong saat ditanyai awak media selepas sesi latihan Timnas Indonesia di Lapangan A GBK, Senayan, Senin (9/10/2023) sore WIB.

Pelatih berusia 52 tahun juga menilai pemanggilan Hokky Caraka dan Dzaky Asraf merupakan bagian dari regenerasi Skuad Garuda. Pasalnya, dengan bergabung bersama timnas senior, mereka jadi berkesempatan menimba ilmu dari para pemain yang lebih berpengalaman.

"Ya dengan mereka datang ke TC senior dan ada turnamen besar, pemain muda bisa latihan sama pemain senior. (Hal) itu pastinya baik untuk mereka, otomatis regenerasi itu yang saya mau dan saya memikirkan masa depan sepak bola 5-10 tahun (ke depan)," sambung juru taktik Timnas Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

STY Panggil Nama-Nama Mengejutkan

Tak dapat dimungkiri, Shin Tae-yong memang memanggil banyak nama mengejutkan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei Darussalam.

Selain Hokky Caraka dan Dzaky Asraf, pelatih Timnas Indonesia juga kembali memberi kesempatan kepada Egy Maulana Vikri, meski sang pemain tampil kurang menggigit saat membela Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022.

Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto sebelumnya menjelaskan, pemanggilan pemain-pemain tersebut sudah melalui tahap pertimbangan dari para coaching staff.

Mantan bek Persib Bandung juga mengeklaim nama-nama penggawa yang didatangkan ke TC telah disesuaikan dengan filosofi serta game plan Shin Tae-yong di laga kali ini.

"Dalam memanggil pemain, banyak pertimbangan dari coaching staff, karena kami tahu banyak pemain yang tampil sangat baik di kompetisi dan bukan hanya 1 atau 2 pemain saja," papar Nova Arianto melalui unggahannya di media sosial.

"Harus digaris bawahi, head coach punya filosofi bermain dan pastinya akan berbeda dengan di klub karena pemain yang dipanggil akan disesuiakan dengan game plan yang dibuat saat menghadapi Brunei Darusalam," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 12 Oktober 22023

19.00 WIB: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Stadion Utama Gelora Bung Karno

 

Selasa, 17 Oktober 2023

19.15 WIB: Brunei Darussalam vs Brunei Darussalam

Sultan Hassanal Bolkiah Stadium

 

Daftar lengkap pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei Darussalam dapat dicek melalui artikel berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.