Sukses

Juara Nasional Kompetisi Basket 3x3 Tahun Depan Bakal Dikirim Ikut Turnamen Internasional

Rencana mulai tahun 2024, tim yang menjadi juara nasional akan mendapat kesempatan ikut turnamen internasional.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi bola basket 3x3 nasional U-18 dan U-23 yang digelar PP PERBASI bersama Bank Mandiri telah menyelesaikan musim keduanya pada Minggu 8 Oktober 2023. Event ini akan terus berkelanjutan. Di tahun ketiga, pemenang rencananya dikirim mengikuti turnamen di luar negeri.

Pada grand final yang berlangsung di Cilandak Town Square pada Minggu 8 Oktober 2023, Olifant sukses menjadi juara di U-18 putri setelah menang 14-9 atas GMC B. Sedangkan di U-18 putri, GMC yang menjadi juara setelah mengalahkan Gorillaz A 16-14.

Sedangkan pada U-23 putra, Amo Alfa menjadi yang terbaik setelah menghajar Ubaya Pro 22-12. Sedangkan di putri terjadi derby GSBC. Tim 3 GSBC menjadi juara dengan kemenangan 19-12 atas GSBC 2.

Mandiri Indonesia 3X3 Tournament rencananya bakal ruti digelar setiap tahun. Format yang dipakai akan tetap sama agar memudahkan tim peserta sehingga tidak akan ada perubahan mendadak tiap musim baru.

"Formatnya sama karena kita tidak ingin format tidak berubah. Biar pesertanya sudah paham dan bisa mempersiapkan strategi dari awal," ujar Direktur PT Supersport Sensation International, Azwan Karim selaku pengelola event 3x3 ini.

Meski format pertandingan selalu sama, di musim ketiga tahun depan akan ada perubahan yang dilakukan di Indonesia 3X3 Tournament. Pemenang rencananya akan dikirim ikut kejuaraan FIBA 3x3 di luar negeri.

"Keinginan kita ingin ada pemenang dikirim ke kejuaraan di luar setidaknya pada 3x3 Asia Tenggara tapi saat ini belum bisa kesampaian. Seharusnya musim ini tapi karena satu dan lain hal baru bisa dilakukan tahun depan," lanjut Azwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambah Kategori Usia

Tak cuma mengirim tim juara ke kompetisi internasional, Indonesia 3X3 Tournament juga ingin menambah kategori setelah mendapat masukan dari banyak pihak.

"Kita akan nambah kota penyelenggaraan dan kategori usia. Kita ingin merambah di level usia SMP dan SD. Ini juga masukan dari orang tua selama penyelenggaraan tahun ini," tutur Azwan lagi.

3 dari 3 halaman

Harapan Pemain 3x3 Indonesia

Pengembangan Indonesia 3X3 Tournament ini sesuai dengan harapan para pemain. Mereka berharap ajang ini bisa semakin besar dan dikenal masyarakat sehingga ikut membantu basket 3x3 agar semakin populer di Indonesia.

"Semoga Indonesia 3X3 Tournament ini bisa lebih banyak lagi kota-kotanya. Jadi bisa semakin berkembang lagi," ujar Angelica Jennifer yang menjadi pemain terbaik di U-18 putri dengan torehan 33 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini