Sukses

Jordi Amat dan Yance Sayuri Tinggalkan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Panggil 3 Pengganti

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil Fachruddin Aryanto (Madura United), Dzaky Asraf (PSM Makassar), dan Hokky Caraka (PSS Sleman) untuk masuk skuad laga melawan Brunei Darussalam pada babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil Fachruddin Aryanto (Madura United), Dzaky Asraf (PSM Makassar), dan Hokky Caraka (PSS Sleman) untuk masuk skuad laga melawan Brunei Darussalam pada babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026. Ketiganya menggantikan Jordi Amat dan Yance Sayuri yang mundur akibat cedera.

TIm Garuda dijadwalkan menghadapi Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah di laga pertama.

Hokky Caraka, yang sudah melesakkan dua gol dan satu assist di BRI Liga 1 2023/2024 untuk PSS Sleman, gembira karena masuk timnas Indonesia senior untuk kali pertama. Sebelumnya dia sudah membela timnas kelompok usia U-19, U-20, dan U-23 dalam 18 pertandingan.

"Alhamdulillah sangat bersyukur dan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi saya. Apalagi ini pertama kali saya dipanggil di timnas senior. Saya akan berjuang keras dan maksimal supaya dapat bermain melawan Brunei Darussalam," kata Hokky Caraka dikutip situs resmi PSSI.

Total kini ada 26 pemain yang berada di skuad timnas Indonesia. Tidak ada nama Ivar Jenner yang absen karena cedera saat membela Jong FC Utrecht. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

1. Edo Febriansyah - Persib Bandung

2. Marc Klok - Persib Bandung

3. Ricky Kambuaya - Dewa United

4. Rachmat Irianto - Persib Bandung

5. Dimas Drajad - Persikabo 1973

6. Nadeo Argawinata - Borneo FC

7. Dzaky Asraf - PSM Makassar

8. Syahrul Trisna - Persikabo 1973

9. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

10. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

11. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

12. Rizky Ridho - Persija Jakarta

13. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara FC

14. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

15. Egy Maulana Vikri - Dewa United

16. Ramadhan Sananta - Persis Solo

17. Fachruddin Aryanto - Madura United

18. Saddil Ramdani - Sabah FC

19. Hokky Caraka - PSS Sleman

20. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

21. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

22. Sandy Walsh - KV Mechelen

23. Shayne Pattynama - Viking FK

24. Arkhan Fikri - Arema FC

25. Rafael Struick - ADO Den Haag

26. Elkan Baggott - Ipswich Town

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Harus Lewati Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia harus melewati ronde pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 karena berperingkat di bawah 25 Asia. Ini membuat Indonesia harus menjalani playoff dalam dua leg melawan Brunei Darussalam.

Secara teori, Timnas Indonesia jauh lebih unggul atasu Brunei Darussalam. Pertemuan terakhir, Garuda berhasil mencukur Brunei 7-0 pada laga Piala AFF 2022.

Meski unggul dalam statistik, Timnas Indonesia ternyata pernah mengalami kekalahan dua kali dan imbang dua kali lawan Brunei di 11 pertemuan terakhir.

Dua kekalahan Timnas Indonesia terjadi pada Merlion Cup pada 5 Desember 1983 dimana Garuda kalah 0-1. Sedangkan kekalahan kedua terjadi pada 4 Maret 1990 juga dengan skor 1-0 pada Pesta Sukan Merdeka.

Selebihnya, Indonesia selalu berhasil menang dengan skor besar lawan Brunei Darussalam. Dalam empat pertemuan terakhir, Timnas Indonesia berhasil mencetak 18 gol dan tak kebobolan satu gol pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.