Sukses

Bola Ganjil: Penakluk Trek Baru Sirkus Kuda Besi MotoGP, Miguel Oliveira Ancam Marc Marquez

MotoGP menemukan rumah baru di Buddh International Circuit. Trek tersebut mulai menggelar balapan kuda besi mulai musim ini. Persaingan pun bertambah sengit. Kemenangan tidak hanya berarti trofi atau tambahan poin di klasemen saja. Para rider juga berkesempatan mengabadikan diri sebagai penguasa pertama di trek berjarak 5,010 km tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP menemukan rumah baru di Buddh International Circuit. Trek tersebut mulai menggelar balapan kuda besi mulai musim ini.

Persaingan pun bertambah sengit. Kemenangan tidak hanya berarti trofi atau tambahan poin di klasemen saja. Para rider juga berkesempatan mengabadikan diri sebagai penguasa pertama di trek berjarak 5,010 km tersebut.

Marc Marquez adalah penguasa sirkuit baru. Juara dunia delapan kali itu tercatat menaklukkan tiga venue anyar pada era MotoGP.

Rinciannya adalah Circuit of the Americas (2013), Termas de Rio Hondo (2014), dan Buriram International Circuit (2018).

Marquez menunjukkan semangat untuk menambah koleksi di Buddh. Dia menempati posisi empat pada latihan resmi MotoGP India 2023, Jumat (22/9/2023) sehingga berkesempatan memperjuangkan pole.

Namun, mengingat kesulitan Honda pada beberapa tahun terakhir, Marquez sepertinya bakal kesulitan mempertegas rekor. Yang ada dia justru terancam bakal didampingi nama lain.

Adalah Miguel Oliveira yang membuntuti Marquez dengan dua kemenangan di trek baru. Sosok asal Portugal itu menjuarai balapan di Algarve International Circuit (2020) dan Mandalika International Street Circuit (2022).

Meski begitu, Marquez bisa sedikit tenang karena Oliveira juga kesulitan di Buddh. Dia gagal masuk 10 besar pada latihan resmi MotoGP India sehingga mesti berjuang dari kualifikasi pertama. Kegagalan mencatat posisi baik pada kualifikasi jelas memperkecil kansnya menduduki podium tertinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemenang 6 Trek Anyar MotoGP Lainnya

Pada era MotoGP sejak 2022, ada enam sirkuit baru yang debut di MotoGP. Losail International Circuit dikuasai Sete Gibernau tahun 2004. Setahun berselang, Shanghai International Circuit jadi milik Valentino Rossi. Di musim yang sama, Marco Melandri memenangkan balapan pertama di Istanbul Park.

Rossi menjuarai seri debut di Indianapolis Motor Speedway tiga tahun berselang. Sedangkan Case Stoner menduduki podium tertinggi seri perdana MotorLand Aragon tahun 2010.

Red Bull Ring lalu masuk kalender kompetisi pada 2016. Trek itu ditaklukkan untuk kali pertama oleh Andrea Iannone.

3 dari 3 halaman

Bakal Ada Raja Baru di Buddh International Circuit

Menengok apa yang sudah terjadi di MotoGP 2023, skenario terbaik adalah munculnya penguasa baru di trek anyar. Nama-nama seperti Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Jorge Martin (Pramac Racing), Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing), hingga Aleix Espargaro (Aprilia) bakal difavoritkan.

Pembalap tercepat di latihan resmi Luca Marini (Mooney VR46 Racing) hingga Maverick Vinales (Aprilia) juga bakal mengintip peluang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.