Sukses

DBL Seri Jakarta Timur 2023 Digelar 9 Hari, Dibuka Menpora Dito

DBL 2023 menggelar seri Jakarta Timur. Pembukaan dihadiri Menpora Dito Ariotedjo.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi bola basket antar pelajar terbesar di Indonesia, DBL, menggelar seri Jakarta Timur selama sembilan hari di GOR Kecamatan Pulogadung dari 20 sampai 29 September 2023. Pembukaan dilakukan oleh Menpora Dito Ariotedjo pada Rabu (20/9/2023).

DBL Jakarta Timur digelar sembilan hari karena animo sekolah peserta sangat tinggi. Jumlah tim pesertanya terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, tahun ini ada 43 tim sekolah yang turun di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series – East Region. Jumlah itu terdiri dari 29 tim basket putra dan 14 tim basket putri. Tahun sebelumnya kompetisi ini diikuti 35 tim (29 putra dan 6 putri).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo, atau yang akrab disapa Dito Ariotedjo kembali memberikan atensi khusus pada perhelatan kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day. Ia hadir di opening party Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series – East Region, Kamis 20 September 2023.

Dito mengatakan ia selalu berupaya mengikuti kompetisi DBL karena merasa nostalgia masa SMA-nya. “13 tahun lalu saya masih SMA seperti adik-adik ini. Dan saya melihat ada banyak hal positif yang bisa didapat dari kompetisi DBL ini,” kata menteri berusia 32 tahun alumnus SMAN 6 Jakarta itu.

Menurutnya, event kompetisi seperti DBL bisa dimanfaatkan sebagai wadah kreativitas. Sebab di dalamnya bukan hanya menampilkan pertandingan basket antarsekolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan dari Kemenpora untuk DBL

Dito menuturkan, Kemenpora di bawah kepemimpinannya akan terus mendukung kompetisi DBL. Apalagi pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, merasakan betul bagaimana efek dari konsistensi digelarnya kompetisi DBL yang sudah berjalan 19 tahun ini.

"DBL ini ekosistem basket Indonesia. Di kompetisi ini kita bisa scouting calon atlet muda berbakat," ujarnya.

Kehadiran Menpora Dito di gelaran kompetisi DBL bukan kali ini saja. Sebelumnya ia sempat meresmikan pembukaan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 di Kantor Kemenpora, 14 Juli 2023 silam.

Tak hanya itu, Dito juga menyempatkan hadir di final party Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Series – North Region atau DBL Seri Surabaya, 26 Agustus lalu.

3 dari 4 halaman

Kontribusi DBL untuk Timnas Basket

Dalam sejumlah kesempatan, Dito selalu menyampaikan rasa bangganya terhadap hasil dari kompetisi DBL. Menurutnya, konsistensi itu memberi kontribusi nyata terhadap pencapaian prestasi basket Indonesia di pentas internasional.

Kontribusi yang dimaksud Dito tak lain deretan alumni DBL yang menyumbangkan emas di SEA Games. Timnas basket putra meraihnya di SEA Games 2021. Sementara timnas basket putri mempersembahkannya di SEA Games 2023. Di level nasional, para pemain DBL juga mendominasi roster tim basket provinsi di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Menpora juga bangga mendengar tim putri DBL Indonesia All-Star 2023 berhasil meraih juara di turnamen Chicago Summer Jam. Apalagi adanya kesempatan beasiswa dari beberapa kampus di Amerika untuk beberapa skuad DBL Indonesia All-Star 2023.

Sebagai wujud dukungan pada student athlete yang mengikuti Honda DBL with Kopi Good Day, Dito menjanjikan Kemenpora memberikan sertifikat untuk para juara di tiap provinsi. Dengan harapan sertifikat tersebut bermanfaat untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi.

“Menurut saya tidak hanya untuk juara, tapi semua peserta DBL layak mendapatkan sertifikat dari Kemenpora,” ujarnya sebelum meninggalkan GOR Kecamatan Pulogadung, Rabu petang (20/9).

4 dari 4 halaman

Jumlah Peserta di DKI Jakarta Hampir Merata

Sementara itu, General Manager DBL Indonesia Yondang Tubangkit berterima kasih pada Menpora yang memberi perhatian lebih terhadap kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day.

Menurutnya, perhatian Menpora dengan hadir di berbagai kesempatan kompetisi DBL membuat para peserta, dari pelajar sampai sekolahnya tentu bangga dan bersemangat tampil.

“Ini juga sebagai bentuk komitmen Pak Menteri yang memang sangat perhatian pada pembinaan olahraga terutama usia dini,” ungkap pria yang sempat ditunjuk sebagai LOC Competition Manager FIBA World Cup 2023 itu.

Tak lupa Yondang juga menyampaikan apresiasinya pada sekolah peserta yang makin antusias mengirimkan timnya berkompetisi di kompetisi DBL. “Kami terkesan dengan adanya peningkatan jumlah tim sekolah di DBL Jaktim. Ini menunjukkan geliat basket di Jakarta kini makin merata. Terbukti kini jumlah peserta di semua region (Barat, Utara, Pusat, Timur dan Selatan) hampir merata. Jumlah tinnya sama-sama meningkat ,” kata Yondang.

Nantinya tim finalis (juara dan runner-up) dari Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series – East Region akan dipertemukan lagi dalam babak Championship Series. Mereka akan bertanding dengan juara serta runner-up DBL Jakarta dari regional lainnya (Barat, Utara-Pusat, Timur, serta Selatan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.