Sukses

Tergiur Prestasinya, Real Madrid dan Bayern Munchen Rebutan Calon Manajer Baru

Real Madrid awalnya menganggap Nagelsmann sebagai pengganti Ancelotti, namun laporan menyebutkan bahwa Alonso kini menjadi pilihan nomor satu Florentino Perez.

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid dan Bayern Munchen dilaporkan tertarik untuk mempekerjakan pelatih kepala Bayer Leverkusen Xabi Alonso sebagai manajer baru mereka.

Mantan gelandang Liverpool ini telah mendapatkan banyak pengagum sejak mengambil alih kepemimpinan pada Oktober lalu. Sebelumnya dia menghabiskan tiga tahun menangani tim Real Sociedad B.

Alonso hanya memenangkan satu dari tujuh pertandingan pertamanya sebagai pelatih Leverkusen dan memastikan mereka tersingkir dari Liga Champions. Namun ia menjanjikan nasib klub yang cemerlang di paruh kedua musim ini.

Di bawah asuhan pelatih berusia 41 tahun itu, Leverkusen mencapai semifinal Liga Europa sebelum sakit hati saat dikalahkan Roma. Mereka akhirnya finis di urutan keenam di Bundesliga untuk memastikan kembalinya ke kompetisi sekunder benua itu.

Awal musim 2023-24 ini penampilan cemerlang ditunjukkan Leverkusen. Tim asuhan Alonso sudah meraih 10 poin dari laga pembukaan musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Salah Satu Tim yang Menginginkan Alonso

Mundo Deportivo melaporkan bahwa juara Bundesliga, Bayern Munchen, adalah salah satu dari dua tim yang berharap bisa merekrut Alonso dari Leverkusen musim panas mendatang. Klub lain yang menginginkannya adalah raksasa Spanyol Real Madrid.

Bayern menunjuk Thomas Tuchel sebagai pelatih kepala baru mereka pada akhir Maret untuk menggantikan Julian Nagelsmann. Mantan pelatih baru Borussia Dortmund itu memenangkan gelar Bundesliga dalam waktu dua bulan setelah mengambil alih.

3 dari 5 halaman

Munchen Harus Bersaing Ketat dengan Real Madrid

Namun, Bayern kemudian mendapat saingan berat dari Dortmund dan menderita kekalahan agregat 4-1 dari Manchester City di perempat final Liga Champions.

FC Hollywood diyakini sudah merencanakan kepergian Tuchel dan kemungkinan penunjukan Alonso. Namun, tim Bavaria itu akan menghadapi persaingan yang sangat ketat dari rekan-rekan mereka di Bernabeu.

4 dari 5 halaman

Alonso Jadi Pilihan Utama Florentino Perez

Di akhir musim ini, Carlo Ancelotti akan meninggalkan bangku pelatih Real Madrid sebelum memimpin tim Brasil. Los Blancos awalnya menganggap Nagelsmann sebagai pengganti Ancelotti, namun laporan menyebutkan bahwa Alonso kini menjadi pilihan nomor satu Florentino Perez.

Mantan pemain internasional Spanyol ini pernah menghabiskan lima tahun berseragam putih dan membuat 236 penampilan untuk Real Madrid antara 2009 dan 2014. Dia pernah memenangkan lima trofi utama, termasuk Liga Champions dan La Liga.

5 dari 5 halaman

Leverkusen Terima Kompensai Besar Jika Lepas Alonso

Leverkusen akan menerima paket kompensasi yang besar jika Real atau Bayern merekrut Alonso pada tahun 2024, karena kontraknya belum berakhir selama tiga tahun lagi.

Rekor keseluruhan pemain berusia 41 tahun itu untuk Leverkusen adalah 21 kemenangan, 11 seri dan 10 kekalahan dari 42 pertandingan. Mereka akan membuka kampanye Liga Europa mereka di kandang melawan klub Swedia Hacken. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.