Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Berkandang di Surabaya, Timnas Indonesia U-17 Juga Diharapkan Bisa Tampil di Solo

Timnas Indonesia U-17 sudah menemukan kandangnya di ajang Piala Dunia U-17 2023. Skuad asuhan Bima Sakti bakal menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, sebagai markas selama melakoni persaingan grup A.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-17 sudah menemukan kandangnya di ajang Piala Dunia U-17 2023. Skuad asuhan Bima Sakti bakal menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, sebagai markas selama melakoni persaingan grup A.

Kendati begitu, Ketua Umum PSSI ErickThohir juga berharap Timnas Indonesia U-17 nantinyaa bisa tampil di Stadion Manahan, Solo. Pasalnya, lokasi tersebut sudah didapuk sebagai venue semifinal serta final Piala Dunia U-17 2023.

Sekadar informasi, Indonesia selaku tuan rumah sebelumnya memang telah menyiapkan empat stadion untuk menjadi lokasi pertandingan FIFA U-17 World Cup edisi ini.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Manahan (Solo), Jakarta International Stadium alias (Jakarta), serta Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) juga ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan duel Piala Dunia U-17.

Secara spesifik, Stadion Manahan nantinya akan digunakan untuk memutar laga-laga penyisihan Grup B, di samping menggulirkan laga semifinal dan final.

Selanjutnya Jakarta International Stadium kebagian menjadi homebase negara-negara yang tergabung dalam Grup C (Brasil, Inggris, Iran, Kaledonia Baru) dan E (Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Burkina Faso).

Sedangkan Stadion Si Jalak Harupat bakal menghelat duel penyisihan Grup D (Jepang, Argentina, Senegal, Polandia) serta F (Meksiko, Jerman, Selandia Baru, Venezuela) Piala Dunia U-17 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia U-17 Diharapkan Tampil dalam Partai Final di Solo

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI pun mengungkap harapan sekaligus target bagi Timnas Indonesia U-17 yang segera berlaga di ajang Piala Dunia U-17 2023 mulaai 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu ogah langsung memasang ekspektasi tinggi bagi anak-anak asuh Bima Sakti dalam turnamen sepak bola muda bergengsi.

Walau begitu, Erick Thohir juga tak menampik pihaknya mengharapkan Garuda Muda dapat tembus dari fase grup, hingga akhirnya mendapat jatah tampil di Stadion Manahan, Solo, guna melakoni partai semifinal dan final.

"Solo itu sebagai tentunya tempat semifinal dan final. Persiapan di Solo saya rasa baik. Kemarin kita ada (kualifikasi Piala Asia) U-23, fasilitasnya sudah standar, penontonnya ramai," ujar Erick Thohir saat ditemui jelang drawing Piala Dunia U-17 2023 pada Jumat (15/9/2023) malam WIB.

"Nah, in kita harapkan juga kalau nanti, tadi disampaikan tim nasional bisa lolos grup, targetnya itu dulu, lolos grup. Terus pelan-pelan rezeki anak saleh, ya, Solo adalah kota yang baik untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa kita punya tim yang baik," tambah dia.

3 dari 4 halaman

Indonesia Masuk Grup A Piala Dunia U-17 2023

Timnas Indonesia U-17 sendiri diketahui tergabung dalam Grup A berdasarkan hasil drawing Piala Dunia U-17 2023. Skuad racikan Bima Sakti nantinya bakal dipaksa bersaing dengan Ekuador, Panama, serta Maroko.

Duel perdana Timnas Indonesia U-17 kontra Maroko bakal dihelat pada Jumat (10/11/2023) pukul 19.00 WIB. Selanjutnya, Garuda Muda harus meladeni perlawanan Panama, Senin (13/11/2023), pada jam yang sama.

Adapun laga terakhir yang menjadi penentuan nasib melawan Maroko akan digelar Kamis (16/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB. Sementara itu, demi asas fair play, pertandingan lain yang mempertemukan Ekuador kontra Panama akan dihelat di Stadion Manahan, Solo pada waktu identik.

Jika menjadi juara grup, Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan akan kembali betlaga di Kota Pahlawan. Namun, jika berstatus sebagai runner-up atau peringkat tiga terbaik, tim Merah Putih harus bertarung di Solo.

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup Piala Dunia U-17 2023

Grup A: Indonesia, Ekuador, Panama, Maroko

Grup B: Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan

Grup C: Brasil, Iran, Kaledonia Baru, Inggris

Grup D: Jepang, Polandia , Argentina, Senegal

Grup E: Prancis, Burkina Faso , Korea Selatan, Amerika Serikat

Grup F: Meksiko, Jerman, Venezuela , Selandia Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.