Sukses

Kick-off Nasional Kejuaraan Tarkam 2023, Banyak Talenta Atlet Muda Terpantau

Kick-off Nasional Kejuaraan Tarkam 2023 diikuti lebih dari 1.500 peserta dari seluruh kecamatan di Tangsel. Banyak potensi atlet muda yang terpantau dari ajang ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kick-off Nasional Kejuaraan Antarkampung 2023 berlangsung di Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (19/8) pagi. Lebih 1.500 peserta dari seluruh kecamatan di Tangsel ikut ambil bagian.

Seremoni Kick-off Nasional Kejuaraan Tarkam 2023 diawali dengan senam bersama di lapangan Cilenggang, Serpong. Setelah itu, dilanjutkan dengan defile para peserta.

Antusiasme dari warga Tangsel begitu terasa dalam pembukaan kali ini. Beberapa ibu-ibu yang hadir, juga sempat meneriakkan nama Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Atletik, voli, dan tenis meja menjadi tiga cabang olahraga pilihan yang dilombakan Kabupaten Tangsel. Memang, dalam ajang ini ada lima cabor yang ditawarkan, dan penyelenggara boleh memilih tiga cabor untuk dipertandingkan.

Dalam defile, ada juga beberapa pertunjukan yang ditampilkan. Kolaborasi gelaran Kejuaraan Tarkam di Tangsel ini sangat terasa.

Mulai dari keterlibatan IGORNAS (Ikatan Guru Olahraga Nasional), KORMI, KONI, Pengcab (PASI, PBVSI, PTMSI). Dimeriahkan pula atraksi Barongsai, Marching Band, serta Debus yg menjadi ciri khas Provinsi Banten.

Kadispora Tangsel Mursinah berterima kasih karena ada ajang ini dan daerahnya terpilih sebagai tempat pelaksanaan kick-off nasional Kejuaraan Tarkam. "Kabupaten Tangsel terima kasih ke Kemenpora," kata Mursinah.

"Ini sangat luar biasa, ada banyak atlet yang ambil bagian dan ribuan perwakilan dari kecamatan yang hadir."

Dia berharap Kejuaraan Tarkam bisa menjadi ajang untuk atlet-atlet Tangsel menunjukkan kualitasnya dan bisa bersaing sampai level nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seluruh Unsur Olahraga di Pertontonkan di Kejuaraan Tarkam

Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta yang mewakili Menpora Dito Ariotedjo mengaku senang melihat kick-off nasional. Pasalnya, seluruh unsur olahraga dipertontonkan.

Mulai dari olahraga masyarakat, olahraga rekreasi sampai, olahraga prestasi ditampilkan dalam seremoni kick-off nasional Kejuaraan Tarkam ini.

"Ini kick-offnya ajang yang digagas Pak Presiden dan ditindaklanjuti Menpora Dito Ariotedjo. Dengan dimulainya Tangsel, selanjutnya akan diikuti daerah lain dari Papua hingga Aceh," ucap Ismata.

"Jadi, Tangsel akan jadi role model, tunjukan sportivitas, disiplin, dan penampilan harus yang terbaik karena ini akan dilihat dan jadi contoh secara nasional," ungkapnya menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Banyak Potensi dari Atletik

Isnanta juga sempat menyaksikan salah satu cabor yang dipertandingkan di pembukaan, yakni atletik. Dia menilai banyak potensi yang terlihat dari ratusan peserta yang ambil bagian.

"Saya lihat tadi banyak talenta muda yang bertanding. Tunjukkan catatan waktu tercepat, hasil terbaik, karena juara, peringkat dua dan tiga bisa berjumpa di seri nasional di Jakarta. Nanti, setelah daerah yang lain tuntas, ada kans jumpa di seri nasional," ujarnya.

Kejuaraan Tarkam nantinya akan digelar di 100 titik di Indonesia. Tangsel menjadi titik pertama dan akan menyusul daerah lainnya sampai akhir 2023.

4 dari 4 halaman

Sport Science di Tarkam

Sementara itu Aji Jaya Bintara sebagai ketua umum Yayasan Garuda Nusantara yang secara resmi ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai partner pelaksana dan promotor aplikasi Kampora, sport science berbasis teknologi juga menambahkan bahwa ‘Garuda Nusantara sangat bersemangat pada kick off Kejuaraan tarkam kemenpora di tangsel ini karena juga sebagai uji coba sport science aplikasi Kampora yang dimana nantinya akan diaplikasikan diseluruh kabupaten kota yang ditunjuk resmi oleh Kemenpora untuk pelaksanaan kejuaraan tarkam ini.

Menurut Aji, Kejuaraan Tarkam Piala Menpora yang tahun ini diawali dengan 5 cabang olahraga pada prinsipnya untuk menggaungkan sport berbasis IPTEK dengan landasan utama pembinaan grass root (akar rumput). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.