Sukses

Hasil BRI Liga 1 2023/2024: PSM Makassar Dipermalukan Persik di Kandang Sendiri

PSM Makassar menuai hasil pahit dalam pertandingan pekan ke-6 BRI Liga 1 2023/2024. Juku Eja dipaksa menelan kekalahan 1-2 saat menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora B.J. Habibie pada Kamis (3/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta- PSM Makassar menuai hasil pahit dalam pertandingan pekan ke-6 BRI Liga 1 2023/2024. Juku Eja dipaksa menelan kekalahan 1-2 saat menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora B.J. Habibie, Kamis (3/8/2023).

PSM sejatinya sempat unggul lebih dulu lewat penalti Yuran Fernandes pada menit ke-27. Akan tetapi, Macan Putih sanggup membalikkan keadaan setelah Krisna Bayu Otto dan Jefinho mencatatkan namanya di papan skor, masing-masing pada menit ke-52 serta 54.

Menilik jalannya pertandingan, PSM Makassar dan Persik Kediri nampak kesulitan membongkar lini pertahanan masing-masing di awal babak pertama. Tak ada gol yang mampu diciptakan kedua kesebelasan hingga laga berjalan lebih dari 10 menit.

Barulah pada menit ke-13, Macan Putih mendapat kesempatan emas. Tim tamu dihadiahi tendangan penalti oleh wasit, dengan Jefinho ditunjuk sebagai eksekutor. Malang peluang ini gagal dikonversi menjadi gol.

Gawang kawalan Muhammad Ardiansyah selamat dari ancaman Macan Putih setelah tembakan Jefinho melebar dari tiang gawang. Alhasil kedudukan sementara 0-0 batal diubah oleh tim tamu.

PSM Makassar dan Persik Kediri mencoba mengais kesempatan lagi setelahnnya. Namun, memasuki menit ke-25, giliran Persik yang tertimpa nestapa. Wasit menganggap telah terjadi pelanggaran di kotak terlarang yang berbuntut pada jatuhnya Yance Sayuri.

Sang pengadil lantas menghadiahkan tendangan penalti bagi tim tuan rumah. Yuran Fernandes yang dikirim sebagai algojo mampu menunaikan tugasnya dengan baik. Ia melepas sepakan mendatar yang mengecoh kiper Macan Putih, sekaligus mengantar Juku Eja unggul sementara dengan 1-0.

Tak ada gol baru yang mampu diciptakan kedua tim selepas penalti Yuran Fernandes. Baik Juku Eja maupun Macan Putih kembali menemui jalan buntu.

Tambahan waktu 2 menit pun gagal dimanfaatkan Persik Kediri untuk mencetak angka penyeimbang. Skor 1-0 untuk keunggulan PSM Makassar bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua PSM Makassar vs Persik Kediri

Persik Kediri langsung menjawab tantangan sang juara bertahan di babak kedua. Baru tujuh menit laga berjalan, Macan Putih sudah berhasil mencetak gol penyeimbang lewat aksi Krisna Bayu Otto pada menit ke-52.

Persik pun ogah menyia-nyiakan momentum kebangkitannya. Penampilan Macan Putih kian membaik, sehingga berbuntut pada terciptanya gol kedua bagi tim tamu di menit ke-54.

Adalah Jefinho yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor kala itu. Pemain yang sempat gagal mengeksekusi tendangan penalti bergerak mendekati kotak PSM, sebelum melesakkan bola yang sulit diamankan oleh Ardiansyah. Macan Putih berbalik unggul 1-2.

Gantian PSM yang kini berupaya mengais peluang untuk mengejar ketertinggalan. Kesempatan bagus sempat diperoleh Juku Eja di menit ke-69 ketika Adilson Gancho Silva membuat pergerakan berbahaya ke lini pertahanan Macan Putih.

Malang, upaya tersebut belum berhasil membuahkan gol kedua bagi PSM Makassar. Aksi Adilson terhenti usai diputus oleh penggawa Persik Yusuf Meilana.

Jual beli serangan tersaji di 10 menit akhir pertandingan waktu normal. Juku Eja beberapa kali menggempur lini belakang tim tamu, yang langsung dibalas dengan counter attack oleh Macan Putih. Kendati begitu, tak ada gol baru yang mampu diciptakan kedua tim hingga memasuki pengujung babak kedua.

Tambahan durasi 5 menit saat injury time pun cukup bagi PSM Makassar untuk menyeimbangkan kedudukan. Alhasil skor 1-2 untuk keunggulan Persik Kediri bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain PSM Makassar vs Persik Kediri

PSM Makassar: Muhammad Ardiansyah; Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Muhammad Arfan, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Ricky Pratama

Persik Kediri: Dikri Yusron; Agil Munawar, Al Hamra Hehanusa, Anderson Nascimento, Yusuf Meilana; Rohit Chand, Krisna Bayu Otto; Flavio Silva, Yohanes Pahabol, Mochammad Supriadi; Jefinho

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.