Sukses

BRI Liga 1: Persebaya Ditaklukkan Persija di Pekan ke-5, Aji Santoso Tetap Apresiasi Usaha Bajul Ijo

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso tetap mengapresiasi upaya anak-anak asuhnya saat bertandang ke markas Persija Jakarta dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2023/2024 pada Minggu (30/7/2023) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso tetap mengapresiasi upaya anak-anak asuhnya saat bertandang ke markas Persija Jakarta dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2023/2024 pada Minggu (30/7/2023) malam WIB.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dengan disaksikan puluhan ribu pendukung Macan Kemayoran, Bajul Ijo harus mengalami nasib buruk sejak menit ke-29 lantaran Arief Catur diusir keluar lapangan setelah menerima kartu merah dari wasit.

Tim tamu sejatinya masih mencoba mencoba menahan laju tuan rumah dan memaksa terciptanya skor imbang tanpa gol hingga mendekati turun minum.

Akan tetapi, situasi tersebut tak mampu lagi dipertahankan setelah pemain Persija Jakarta Ryo Matsumura melesakkan gol tunggal yang memanfaatkan umpan dari Witan Sulaeman pada menit ke-38.

Bajul Ijo gagal memanfaatkan paruh kedua untuk mencetak angka penyeimbang di gawang Persija. Skuad racikan Aji Santoso harus mengakui keunggulan tuan rumah usai dipaksa menyerah dengan skor akhir 0-1.

Kekalahan tersebut sekaligus menandai berlanjutnya tren negatif Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2023/2024. Seperti diketahui, Bajul Ijo hingga kini sudah empat kali beruntun gagal memetik kemenangan dalam kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aji Santoso Tak Salahkan Pemain

Kendati demikian, Aji Santoso ogah menyalahkan anak-anak asuhnya atas kegagalan mereka mencuri poin di kandang Persija. Malahan pelatih berusia 53 tahun itu takjub dengan kegigihan Bajul Ijo yang tetap berupaya menunjukkan penampilan maksimal walau kalah dari segi jumlah pemain dibanding Macan Kemayoram.

"Saya mengucapkan selamat buat Persija yang menang malam hari ini," tutur Aji Santoso dalam konferensi pers pra pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (30/7/2023) malam WIB.

"Saya tetap mengapresiasi seluruh pemain saya karena menit ke-29 kami sudah bermain dengan 10 pemain. Akan tetapi, perjuangan pemain-pemain saya tetap gigih. Meski kalah, saya mengapresiasi," tandas dia.

3 dari 4 halaman

Bukan Hasil yang Diharapkan

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Reva Adi Utama. Pesepak bola yang memulai dari bangku cadangan di laga kontra Persija itu menyebut kekalahan dari Macan Kemayoran jelas bukanlah hasil yang diharapkan.

Walau begitu, ia turut mengapresiasi upaya maksimal yang ditunjukkan oleh rekan-rekan setimnya saat menghadapi anak-anak asuh Thomas Doll di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (30/7/2023) malam WIB.

"Ini memang bukan hasil yang kita inginkan. Target kami mendapat minimal satu poin, syukur-syukur kalau bisa memperoleh 3 poin. Tetapi (beginilah yang) namanya sepak bola," tutur Reva kepada awak media.

"Kita juga sempat kehilangan satu pemain (Arief Catur) karena kartu merah, tetapi saya mengapresiasi teman-teman saya karena sudah mengerahkan seluruh tenaganya di lapangan," tandas dia.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.