Sukses

Persija Jakarta Tak Diperkuat Marko Simic di Pekan ke-5 BRI Liga 1, Persebaya Pantang Anggap Enteng

Persija Jakarta tak bakal tampil dengan kekuatan penuh di pertandingan kali ini. Striker andalannya Marko Simic dipastikan tak bisa memperkuat Macan Kemayoran saat menjamu Bajul Ijo di SUGBK.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya bakal terlibat duel sengit dalam pekan ke-5 BRI Liga 1 2023/2024. Kedua kesebelasan dijadwalkan bersua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (30/7/2023) pukul 19.00 WIB.

Macan Kemayoran tak bakal tampil dengan kekuatan penuh di pertandingan kali ini. Striker andalannya Marko Simic dipastikan tidak bisa memperkuat Persija saat menjamu Bajul Ijo di SUGBK.

Laporan menyebut Simic dilanda cedera betis saat melakukan pemanasan jelang pertandingan melawan Persita Tangerang di matchday ke-4 BRI Liga 1, Sabtu (22/7/2023). Alhasil ia harus melewatkan beberapa laga dengan Macan Kemayoran, termasuk pertandingan melawan Persebaya pekan ini.

Ketiadaan Simic tak pelak bakal menurunkan tekanan di lini pertahanan Bajul Ijo. Seperti diketahui, skuad racikan Aji Santoso juga tengah berambisi mengincar hasil positif usai gagal memetik kemenangan dalam tiga laga terakhir.

Kendati demikian, pelatih Persebaya mengaku ogah menganggap remeh situasi calon lawannya. Aji menilai Macan Kemayoran tetap mampu menghadirkan ancaman berkat kepiawaian mereka bermain secara kolektif.

"Saya lihat semenjak Persija dilatih oleh Coach Thomas Doll, dia lebih mengedepankan kolektivitas tim, yang mana dia tidak terlalu mengandalkan satu atau dua sosok pemain," tutur Aji Santoso dalam konferensi pers jelang laga melawan Persija Jakarta di SUGBK, Sabtu (29/7/2023).

"Meskipun saya lihat mungkin Simic tidak bisa main, tetapi menurut saya itu bukan suatu keuntungan buat kami karena itu tadi, Coach Thomas mengedepankan kolektivitas tim," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persebaya Juga Tak Diperkuat Pemain Penting

Alih-alih menggampangkan Persija, Aji Santoso justru mewanti-wanti timnya sendiri lantaran tak bakal diperkuat Ernando Ari Sutaryadi saat bertamu ke SUGBK. Kiper berusia 21 tahun itu tak bisa melakukan perjalanan ke ibu kota lantaran sedang berada dalam kondisi kurang fit.

"Sama juga dengan Persebaya, (di kami) ada beberapa pemain yang tidak bisa main (saat melawan Persija), seperti Ernando," tutur Aji Santoso kepada awak media, Sabtu (29/7/2023).

"Dia (Ernando) dipastikan tidak bisa tampil dan berangkat ke Jakarta karena kondisi kurang fit. Jadi menurut saya, saya tetap akan fokus menghadapi Persija," sambung juru taktik berusia 53 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Tak Tertekan Main di Kandang Persija

Terlepas dari hal itu, Aji Santoso mengaku pihaknya tak merasa tertekan jelang menghadapi pertandingan di kandang Persija. Meski dihadiri ribuan suporter kandang, sang pelatih merasa hal itu bakal membuat pertandingan menjadi lebih menarik.

"Saya sampaikan, justru dengan lapangan yang besar, lapangan yang megah, rumput yang bagus, penonton yang banyak, seharusnya pemain-pemain saat itu harus gembira, harus happy, harus enjoy karena aksi-aksi mereka akan disaksikan oleh banyak penonton," tutur Aji.

"Jadi menurut saya, justru saya akan senang kalau memang banyak menonton. Itu lebih menarik buat saya. Makanya saya tekankan pada pemain saya untuk bermain lepas besok," tandas sang pelatih.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.