Sukses

Quartararo dan Marquez Tidak Sabar Mengikuti MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika jadi salah satu seri favorit pembalap pada paruh kedua musim 2023. Para penunggang kuda besi antusias bersaing di lokasi unik Kuta, Nusa Tenggara Barat.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika jadi salah satu seri favorit pembalap pada paruh kedua musim 2023. Para penunggang kuda besi antusias bersaing di lokasi unik Kuta, Nusa Tenggara Barat.

Saat ini MotoGP 2023 tengah jeda musim panas. Kompetisi kembali bergulir pada 6 Agustus mendatang di Silverstone, Inggris.

Para pembalap kemudian ditanya lokasi yang tidak sabar mereka kunjungi di sisa persaingan. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Alex Marquez (Gresini Ducati) kemudian menyebut MotoGP Mandalika sebagai ajang yang paling dinanti.

MotoGP Indonesia 2023 berlangsung pada 15 Oktober mendatang. Miguel Oliveira keluar sebagai penguasa trek berjarak 4,313 km tersebut saat MotoGP kembali ke Tanah Air tahun lalu.

Tiket MotoGP Mandalika 2023 resmi dijual 17 Juli. Harganya mengalami penurunan. Hanya dua kategori teratas yang harganya naik yakni Premier Class dan Deluxe Class. Tiket termahal dijual seharga Rp 20 juta. Adapun tiket termurah dilepas Rp 250 ribu.

"Sekarang malah lebih rendah. Yang naik itu kategori premier dan deluxe. Yang grand stand dan lain-lain malah lebih murah sedikit. Karena kita ingin menarik lebih banyak penonton lokalnya yang nonton," ujar VP Commercial MGPA Palupi Rusdiyadmin

Untuk masalah tiket MotoGP Indonesia 2023, MGPA menggandeng Dyandra yang sudah berpengalaman mengurus event otomotif.

MGPA juga menurunkan target penonton MotoGP 2023. Pasalnya tahun ini pelaksanaan MotoGP Mandalika 2023 berdekatan dengan seri lain di wilayah Asia Tenggara.

"Target total tiket tahun ini hampir 80 ribu. Pertimbangannya waktu yang pertama kali banyak yang ingin merasakan pertama kali. Yang kedua ini ada juga event yang berdekatan jadi kita tidak memasang target terlalu tinggi. Walau kita akan usaha seperti biasa kaya di WSBK target tidak terlalu tinggi tapi terpecahkan juga," ujar Direktur Utama MGPA Priandhi Satria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Variasi Harga Tiket MotoGP Mandalika 2023

Tiket MotoGP 2023 terdapat beberapa kategori yaitu general admission, regular grandstand, premium grandstand, premiere class, dan deluxe class. Tiket Weekend Pass (Jumat, Sabtu, Minggu) dimulai dengan harga Rp700.000-Rp2.300.000, Daily Pass (Sabtu) dengan harga Rp250.000-Rp1.000.000, Daily Pass (Minggu) dengan harga Rp500.000-Rp1.500.000.

Sebagai pembanding, tahun lalu harga tiket menonton balapan yang berlangsung di hari Minggu yang termurah Rp 575 ribu. Untuk tiket Deluxe dan Premier, kenaikannya cukup tinggi. Masing-masing melonjak Rp 5 juta dibanding tahun lalu. 

3 dari 3 halaman

Perubahan Format di Sisa MotoGP 2023

Akan ada yang berbeda saat balapan di Mandalika nanti berlangsung. Sebab, terjadi perubahan format kualifikasi yang mulai berlaku di Silverstone.

Seperti dilansir crash, penyelenggara tak lagi menentukan kelolosan pembalap ke kualifikasi 2 atau Q2 berdasarkan waktu kombinasi latihan Jumat.

Mulai balapan di Silverstone, hanya catatan waktu lap di sesi latihan bebas dua atau FP2 yang akan menentukan siapa yang lolos Q2. Dorna selaku penyelenggara beralasan, FP2 MotoGP yang digelar sore biasanya menjadi ajang para pembalap cari waktu.

Berdasarkan penelitian, pembalap biasanya lebih cepat di FP2 ketimbang FP1. Ada sekitar 98 persen kasus yang menunjukkan statistik seperti itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini