Sukses

Barcelona Dapatkan Pemain Baru Ketiga, Pilih Boyong Mantan

Barcelona mendapatkan amunisi anyar ketiga untuk menghadapi musim 2023/2024. Barca memilih clbk.

Liputan6.com, Jakarta- Juara LALIGA Barcelona pada Rabu 19 Juli 2023 mengumumkan rekrutan ketiganya di bursa transfer musim panas 2023. Blaugrana sukses mengamankan gelandang bertahan Oriol Romeu dari Girona. Bergabungnya Romeu merupakan cinta lama yang bersemi kembali.

Romeu merupakan pemain binaan Barcelona. Dia meninggalkan Nou Camp pada tahun 2011 dan mencoba petualangan di Inggris bersama Chelsea setelah tak mendapat banyak kesempatan bersama tim senior Barca.

Sayangnya perjudian Romeu tak sukses. Dia juga lebih banyak dicadangkan di Chelsea. Romeu sempat dua kali dipinjamkan The Blues ke Valencia dan VfB Stuttgart.

Romeu baru bisa menjadi andalan di tim utama ketika pindah ke Southampton dari tahun 2015 sampai 2022. Tahun lalu Romeu hijrah ke Girona. Disana Romeu juga jadi andalan dengan tampil 33 kali sehingga membuat pelatih Barcelona Xavi Hernandez kesengsem.

Xavi meminta Barca memulangkan Romeu. Pemain 31 tahun itu dikontrak Barcelona selama tiga tahun hingga 30 Juni 2026. Barca juga menetapkan klausul pelepasan pemain plontos ini mencapai 400 juta euro.

Tak disebutkan berapa biaya transfer yang dikeluarkan Barcelona. Yang jelas Barca tak bisa membayar terlalu mahal karena keuangan klub sedang tidak stabil. Romeu menyusul Ilkay Gundogan dan Inigo Martinez yang sudah lebih dulu direkrut Barca. Kedua pemain tersebut didapat dengan gratis karena kontraknya habis dengan klub lamanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barcelona Korbankan Pablo Torre

Salah satu kompensasi yang diberikan Barcelona kepada Girona adalah dengan memberikan pemain muda berbakat Pablo Torre. Pemuda 20 tahun itu akan dipinjamkan Blaugrana ke Girona selama satu musim.

Romeu dibutuhkan Xavi karena Barcelona tak memiliki gelandang bertahan mumpuni lagi sejak ditinggal pemain veteran Sergio Busquets. Pria Spanyol itu tak memperpanjang kontraknya di Nou Camp dan kini pindah ke Inter Miami untuk bermain bareng Lionel Messi.

3 dari 4 halaman

Romeu Datang, Barcelona Segera Jual Pemain

Barcelona kemungkinan akan segera melego beberapa pemain setelah mendapatkan Romeu, Gundogan dan Inigo Martinez. Kandidat pemain yang bakal terbuang antara lain gelandang Franck Kessie dan bek tengah Eric Garcia.

Keduanya jarang mendapatkan menit bermain dari Xavi di musim 2022/2023. Nasib Kessie dan Garcia makin suram dengan datangkan Gundogan dan Inigo Martinez di musim panas 2023 ini.

4 dari 4 halaman

Klasemen LALIGA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.