Sukses

Pelatih Kobe Bryant Latih Para Pebasket Muda Indonesia

Micah punya curriculum vitae yang luar biasa. Micah pernah menjadijadi pelatih ketangkasan untuk banyak pemain NBA.

Liputan6.com, Jakarta- 24 pebasket muda Indonesia yang terpilih sebagai KFC DBL Indonesia All-Star 2023 telah tiba di Amerika Serikat untuk menjalani latihan selama 10 hari di Chicago. Mereka mendapat kesempatan berlatih bersama pelatih ketangkasan individu ternama, Micah Lancaster.

Micah punya curriculum vitae yang luar biasa. Micah pernah menjadijadi pelatih ketangkasan untuk banyak pemain NBA seperti Victor Oladipo, Karl-Anthony Towns, Brandon Ingram, Mario Chalmers, hingga mendiang Kobe Bryant.

Micah bahkan mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu aktor di film "Hustle" karena kemampuan melatihnya.

Sebagai pelatih, Micah membuka latihan dengan sebuah pidato singkat yang menarik. "Banyak pemain berlatih ke saya karena saya terkenal sebagai pelatih yang mampu menemukan kelemahan pemain dan mengeksploitasinya. Jadi, hari ini kalian akan banyak melakukan kesalahan yang mana adalah hal yang sangat wajar."

Micah merupakan pelatih individu yang dibutuhkan pemain untuk mencari tahu kelemahan mereka dan memperbaikinya untuk musim depan. Di lain sisi, ia juga sosok yang sangat detail dalam melihat setiap gerakan pemain yang ia latih.

"Materi latihan yang saya berikan untuk pemain muda dan NBA secara garis besar sama saja. Saya tidak membeda-bedakan. Saya juga memberikan materi yang bisa terus dilatih meski mereka tidak di sini. Jika mereka terus melatih itu, saya yakin mereka akan terus menjadi lebih baik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Indonesia Antusias Latihan di Chicago

"Wah ini latihan berguna sekali sih untuk gim," cerita Fathur Rahman, pemain asal SMAN 116 Jakarta. "Dari awal sampai akhir, rasanya semua yang diajarkan sangat berguna buat kita berkembang jadi pemain yang lebih baik dan mengatasi pertahanan lawan. Kalo capek sih ya namanya latihan, tapi seru dan berguna banget," imbuhnya.

Senada dengan Fathur, Dewell Gosal juga merasakan hal yang sama. Keseruan latihan menu yang sangat baru ini membuatnya terpacu untuk lebih baik lagi. "Micah ini idola papa saya. Di rumah bahkan ring basket diberi area warna seperti di sini. Saya senang dan bangga bisa berlatih di sini!".

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak DBL Indonesia di Basket Nasional

Sebagaimana diketahui, DBL Indonesia tiap tahun rutin mengirim pemain terbaik belajar basket ke Amerika Serikat. Para pemain terbaik itu tersaring dari liga pelajar DBL yang digelar di seluruh Indonesia. Mereka sebelumnya dikumpulkan dalam sebuah camp pelatihan bernama KFC DBL Camp.

Dari camp tersebut, terpilih 12 pemain putra dan 12 pemain putri, plus 4 pelatih untuk masuk dalam skuad elite KFC DBL Indonesia All-Star 2023. Mereka inilah diberangkatkan ke Chicago saat ini.

Program ini sudah terlihat hasilnya. Para pemain basket di liga profesional, hampir semuanya pernah merasakan pernah masuk dalam DBL Camp maupun terpilih sebagai skuad elit DBL Indonesia All-Star. Yang terbaru, 8 dari 12 pemain di timnas basket putri yang meraih emas pertama di SEA Games Kamboja merupakan mantan skuad DBL Indonesia All-Star.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini