Sukses

Indonesia Open 2023: Marcus/Kevin Mundur

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mundur dari Indonesia Open 2023. Keputusan itu diambil setelah Marcus mengalami sedikit masalah di bagian tumit kanan.

Liputan6.com, Jakarta - Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo batal bermain di Indonesia Open 2023. Ganda putra berjuluk The Minions itu mundur dari turnamen BWF Super 1000 ini karena Marcus mengalami sedikit masalah di bagian tumit kanan.

Kepala pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi mengatakan cedera Marcus sejatinya sudah lama. Setelah menjalani beberapa terapi penyembuhan, pebulu tangkis kelahiran Jakarta, 9 Maret 1991, itu kembali merasakan rasa sakit.

"Marcus Fernaldi Gideon mengalami sakit di bagian tumit kanan. Sebelumnya memang sudah melakukan operasi di bagian tumit kiri. Dalam perjalannya kaki di bagian kanan mulai terasa sakit sehingga harus dilakukan terapi hingga dibalut," kata Herry IP di Jakarta, Senin (12/6/2023).

Kondisi psikologis peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut sejauh ini dalam keadaan baik. Meski dalam beberapa turnamen terakhir belum naik podium, juara Indonesia Open 2021 itu sejatinya dalam kondisi siap bertanding.

"Kami akan berbicara lagi setelah turnamen Indonesia Open 2023. Komunikasi keduanya berjalan dengan sangat baik. Saya melihat di antara keduanya tidak ada masalah. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ucap pelatih yang berjuluk Naga Api tersebut tentang Marcus/Kevin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shesar Hiren Rhustavito juga Mundur dari Indonesia Open 2023

Selain Marcus/Kevin, Shesar Hiren Rhustavito juga mundur akibat masih mengalami cedera. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia itu masih belum bisa bermain seusai masih menjalani penyembuhan cedera di bagian betis.

Kepala pelatih tunggal putra Indonesia Irwansyah menyebut bahwa Vito, sapaan akrab Shesar, tidak bisa bermain seusai masih menjalani recovery dari cedera.

"Sebenarnya Vito sudah membaik dan tinggal sedikit lagi sembuh dari penyembuhan cedera. Kendalannya sekarang ialah persiapan menjelang pertandingan yang kurang. Jadi saya putuskan untuk tidak bermain terlebih dahulu," papar Irwansyah.

Mundurnya Shesar Hiren Rhustavito membuat sektor tunggal putra Indonesia akan mengandalkan pemain-pemain seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Mereka diharapkan bisa meraih prestasi terbaik di ajang Kapal Api Group Indonesia Open 2023.

"Saya menargetkan untuk sektor tunggal putra bisa meraih gelar juara di Indonesia Open 2023. Sejauh ini memang sangat berat di awal karena ketiga pemain masuk pool yang sama. Kami berharap bisa meraih target tersebut," pungkas Irwansyah.

 

3 dari 3 halaman

Tuan Rumah Turunkan 21 Pemain di Indonesia Open 2023

Indonesia Open 2023 akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Turnamen bulu tangkis BWF Super 1000 akan berlangsung 13 sampai 18 Juni.

Pebulu tangkis top dunia dipastikan ambil bagian dalam usaha mendapatkan poin ke Olimpiade Paris 2024. Karena, Indonesia Open 2023 masuk dalam agenda Race to Olympics yang kick off bulan lalu.

Total 268 pemain dari 20 negara berebut takhta juara di Indonesia Open. Dari jumlah itu, Indonesia menurunkan sekitar 21 pemain. Dengan rincian tiga tunggal putra, dua tunggal putri, lima ganda putra, lima ganda putri, dan enam ganda campuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.