Sukses

Manchester City Juara Liga Inggris, Erling Haaland Diam-Diam Ngeri Lihat Statistik Arsenal

Striker Manchester City Erling Haaland lega bisa jadi juara Liga Inggris. Soalnya, dia sempat tak yakin bisa susul Arsenal yang sempat lama di puncak klasemen Premier League.

Liputan6.com, Jakarta Manchester City berhasil menjadi juara Liga Inggris di pekan ke-37. Sebelum menang 1-0 atas Chelsea, Man City sudah dinyatakan juara karena Arsenal kalah 0-1 dari Nottingham Forest.

Keberhasilan Man City jadi juara ternyata membuat striker ganas Erling Haaland lega. Dia mengakui sempat ketar-ketir melihat statistik yang diperlihatkan Mikel Arteta.

Haaland menjadi pemain kunci untuk Man City musim ini. Kehadirannya di Etihad membuat Man City tambah tajam, ini dibuktikan 36 gol yang dilesakkannya di 34 pertandingan.

Meski begitu, Haaland sempat kaget karena susah menggusur Arsenal dari puncak klasemen Liga Inggris. Maka itu, dia senang saat Man City akhirnya menggeser Arsenal dengan mudah tanpa perlawanan berarti.

"Saya lihat statistik kalau Arsenal sudah kira-kira 240 hari ada di puncak klasemen. Kami hanya 20 hari saja dan kami nyaris mengejar mereka sepanjang musim," katanya seperti dikutip Skysports.

"Maka itu bisa merebut gelar juara itu sebuah kelegaan. Ini perasaan yang luar biasa."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengalaman Bantu Manchester City Jadi Juara

 

Haaland mengakui kalau pemain Man City sangat berpengalaman dalam persaingan gelar juara Liga Inggris. Ini dibuktikan dari keberhasilan The Citizens merebut 5 trofi juara di enam musim terakhir.

"Dengan pengalaman di klub ini, pemain sudah memenangkannya sebanyal lima kali. Kerja keras sepanjang musim membuat Anda dapatkan hasil yang pantas," katanya.

"Gelar ditentukan di beberapa pekan terakhir. Itulah mengapa ini membuatnya jadi lebih baik."

 

3 dari 5 halaman

Memori Tak Terlupakan untuk Haaland

 

Haaland mengaku ada memori yang sulit dilupakan usai mengangkat trofi bersama Man City. Memori itu yakni perjuangan keras dia dan rekan-rekannya untuk jadi juara.

"Ini memori yang akan saya ingat sepanjang hidup. Kmai sudah bekerja keras sepanjang musim dan sejujurnya saya tak tahu harus berkata apa," katanya.

"Saya hanya akan menikmati hari ini. Ini momen spesial dengan trofi dan seluruh pemain. Tanpa klub dan rekan-rekan, ini tak mungkin terjadi, luar biasa."

4 dari 5 halaman

Raih Gelar Pemain Terbaik Liga Inggris

Striker Manchester City Erling Braut Haaland dinobatkan sebagai Pemain Terbaik versi Asosiasi Penulis Sepak Bola Tahun 2023. Pemain internasional Norwegia itu mendapat 82% suara dari sekitar 800 anggota – jumlah terbesar sejak dimulai pada 1992-93.

Duo Arsenal Bukayo Saka dan Martin Odegaard masing-masing ada di tempat kedua dan ketiga, sementara rekan setim Haaland, Kevin De Bruyne di posisi keempat dan penyerang Manchester United Marcus Rashford melengkapi lima besar – 14 pemain lain juga menerima suara untuk penghargaan tahunan ini.

Haaland - yang juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris Bulan April - telah menikmati debut musim yang luar biasa untuk Manchester City sejak bergabung dari Borussia Dortmund musim panas lalu. Dia telah mengukir namanya ke dalam buku sejarah setelah mencetak banyak gol.

Awal musim ini, pemain berusia 22 tahun itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa City dalam satu musim. Dia melampaui rekor 94 tahun yang dicetak oleh Tommy Johnson dengan 38 gol pada musim 1928-29.

Haaland baru-baru ini menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang mencetak 35 gol dalam satu musim, dan memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Andy Cole dan Alan Shearer (34 gol).

5 dari 5 halaman

Statistik Mencengangkan Erling Haaland

Pemilik nomor 9 City ini telah unggul di semua kompetisi musim ini dengan raihan mencengangkan 51 gol hanya dalam 47 penampilan untuk tim asuhan Pep Guardiola, termasuk 12 gol dalam sembilan pertandingan Liga Champions.

Juara bertahan Liga Inggris tersebut saat ini duduk di puncak klasemen dan berusaha untuk mengklaim gelar liga kelima mereka dalam enam musim. Mereka juga masih bersaing di semi final Liga Champions dan lolos ke final Piala FA melawan rival Manchester United bulan depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.