Sukses

Kronologi Argentina Jadi Lawan Timnas Indonesia: Sudah Dilobi Erick Thohir Sejak di Rwanda

Timnas Argentina akan bertemu timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni 2023. Perjuangan membawa Argentina ke tanah air sudah dilakukan Erick Thohir sejak Maret lalu.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Argentina dipastikan akan datang menghadapi timnas Indonesia pada FIFA Matchday 19 Juni 2023 nanti. Kepastian muncul setelah Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) membuat pengumuman resmi pada Senin (22/5/2023) pagi WIB.

Argentina akan melakoni dua pertandingan di Asia pada FIFA Matchday Juni 2023. Sebelum melawan Indonesia, Lionel Messi dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Australia yang berlangsung di Beijing, China.

Perjuangan membawa Argentina melawan timnas Indonesia tidaklah mudah. Jalan berliku harus dilalui Ketua umum Persatuan Sepak Bola Sleuruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk bisa mewujudkan keinginan para pecinta bola di Indonesia.

Usaha mendatangkan Argentina sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Isu Argentina akan beruji coba melawan Indonesia berhembus sejak Maret 2023. Saat itu Erick Thohir menghadiri Kongres FIFA Ke-73 di Kigali, Rwanda.

Pada momen tersebut, dikabarkan Erick Thohir berbicara dengan petinggi Federasi Sepakbola Argentina (AFA) untuk membahas rencana Timnas Indonesia melawan tim juara Piala Dunia 2022 itu.

Erick Thohir memang diketahui memiliki kedekatan dengan banyak tokoh sepak bola internasional. Tak terkecuali di AFA. Erick berteman baik dengan mantan pemain timnas Argentina, Javier Zanetti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penantian Panjang

Isu terus berkembang liar sejak saat itu. Titik terang mulai didapat pada awal Mei 2023 ketika jurnalis Argentina Gaston Edul memberikan bocoran melalui Twitter. Edul berkicau bila tim Tango memang akan beruji coba dengan Indonesia pada Juni nanti.

Pecinta sepak bola Indonesia pun begitu berharap berita ini menjadi kenyataan. Penantian tersebut berakhir pada Senin 22 Mei 2023 dengan adanya konfirmasi dari AFA.

3 dari 4 halaman

Kado Manis Ganda dari PSSI

Kedatangan timnas Argentina ini menjadi kado manis lain bagi sepak bola Indonesia di bulan Mei. Pekan lalu timnas Indonesia U-22 baru saja mengakhiri puasa 32 tahun meraih emas SEA Games 2023.

Emas SEA Games 2023 dan kedatangan timnas Argentina menjadi kado manis kepemimpinan Erick Thohir di PSSI yang belum genap enam bulan. Mantan Presiden Inter Milan itu memimpin PSSI sejak Februari lalu.

Pastinya laga melawan Argentina akan menjadi pertandingan yang paling dinanti pencinta sepak bola Tanah Air. Sebab kapan lagi pemain top dunia akan bermain di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Pemain Bintang

Selain Messi, Argentina juga punya pemain ternama macam Angel Di Maria, Paulo Dybala, Lautaro Martinez, Emiliano Martinez, Enzo Fernandez hingga Alexis Mac Allister.

Bagi para pemain Timnas Indonesia, melawan Argentina pun bisa menjadi pengalaman berharga. Jadi, mendatangkan Argentina benar-benar hal yang baik untuk sepak bola Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.