Sukses

Aksi Copet Warnai Konvoi Timnas Indonesia U-22 di Kantor Kemenpora

Para pelaku pencopetan memanfaatkan keramaian saat kirab SEA Games 2023 yang juga diikuti oleh Timnas Indonesia U-22.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah aksi pencopetan mewarnai jalannya acara konvoi SEA Games 2023 yang juga diikuti Timnas Indonesia U-22, pada Jumat pagi (19/5/2023). Sebagiab berhasil diamankan, termasuk pelaku yang beraksi di halaman kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta. 

Pantauan Liputan6.com, saat iring-iringan hendak meninggalkan kantor Kemenpora, dua orang pria tampak diamankan polisi. Mereka dievakuasi dari bulan-bulanan massa karena diduga mencopet warga. 

Mereka tertangkap saat seorang berteriak setelah menyadari dirinya jadi korban copet. Telepon genggam dan dompetnya sempat diambil. Massa kemudian menangkap dua orang yang diduga sebagai pelaku. 

Keduanya sempat mendapat bogem mentah sebelum dibawah ke pos keamanan Kemenpora oleh pihak kepolisian yang berjaga. Wajah kedua pelaku tampak lebam setelah sempat dipukulin warga.

Laporan mengenai aksi copet selama konvoi SEA Games 2023 juga banyak beredar di media sosial. Mengutip akun Instagram, Instagram @warungjurnalis, polisi setidaknya menangkap tiga orang yang diduga sebagai pelaku copet. Mereka beraksi di dua tempat, yakni Kemenpora dan di depan TVRI. 

 

"Yang di Kemenpora dua orang, yang di TVRI satu orang," jelas Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang Kompol M Kukuh Islami mengutip unggahan di akun Instagram tersebut.

Kompol Kukuh belum dapat menjelaskan lebih jauh mengenai kronologi aksi pencopetan tersebut termasuk barang bukti apa saja yang telah diamankan. Informasi yang jelas hanya ketiga pelaku saat ini telah diamankan di Polsek Tanah Abang untuk dimintai keterangan lebih lanjut mengenai kasus yang dilaporkan.

“Belum tahu [barang bukti yang diperoleh], ini [terduga pelaku] sudah diamankan di Polsek sedang diinterogasi oleh anggota,” ungkap Kukuh.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Keramaian

Kirab SEA Games 2023 yang diikuti timnas Indonesia U-22 memang dipadati ribuan massa. Penggemar dari berbagai kelompok usia, mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa ikut  meramaikan jalannya acara tersebut. Rute konvoi diawali dari Kantor Kemenpora, lalu ke Bundaran HI, dan finis di GBK. 

Skuad Garuda Nusantara yang berhenti sejenak untuk menunggu arak-arakan bersama cabor lain pun sempat bertegur sapa dengan para penggemar. Situasi ramai ini rupanya dijadikan celah parapencopet untuk menjalankan aksinya. Peristiwa serupa kabarnya juga terjadi di kawasan Bundaran HI.

 

3 dari 3 halaman

Rute Pawai

Timnas Indonesia U-22 dan para peraih emas di ajang SEA Games 2023 hari ini, Jumat (19/5/2023) diarak keliling pusat kota Jakarta. Arak-arakan rencananya berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dengan dimulai dari kantor Kemenpora di Jalan Gerbang Pemuda Senayan.

Rute arak-arakan ini dimulai dari Kemenpora akan bergerak melewati FX Senayan kemudian ke Le Meridien – Stasiun Dukuh Atas – Bundaran HI (putar balik) – Jalan Sudirman – Patung Pemuda Membangun (putar balik) – FX Sudirman – masuk GBK – VIP Barat.

Rombongan kemudian berhenti sejenak di Bundaran HI. Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan memberikan sambutan lima sampai 10 menit di sana. (simak beritanya pada tautan ini).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.