Sukses

Konvoi Timnas Indonesia Bergerak ke Gelora Bung Karno, Lalu Lintas Lebih Lancar

Bus yang mengantar konvoi timnas Indonesia U-22 dari Bundaran HI menuju Gelora Bung Karno bisa melaju lebih lancar dibandingkan saat keberangkatan.

Liputan6.com, Jakarta Konvoi timnas Indonesia U-22 yang merayakan gelar juara SEA Games 2023 bergerak kembali menuju stadion Gelora Bung Karno. Berdasarkan laporan di televisi, lalu lintas konvoi Timnas Indonesia U-22 menuju GBK berlangsung lebih lancar ketimbang saat bergerak ke Bundaran HI.

Konvoi Timnas Indonesia sudah berlangsung sejak pukul 08.00 pagi WIB. Start konvoi dimulai dari kantor Kemenpora RI.

Namun antusiasme fans Timnas Indonesia begitu besar sehingga membuat bus dengan atap terbuka sempat tersendat beberapa lama di sekitar Senayan. Bus konvoi timnas Indonesia bergerak dari bundaran HI sekitar pukul 11.00 WIB.

Konvoi timnas Indonesia sempat berhenti selama 15 menit dan ada pidato dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir di panggung yang disediakan untuk perayaan juara Timnas Indonesia. Dalam pidatonya, Erick Thohir meminta maaf karena konvoi timnas Indonesia harus digelar pada saat hari kerja.

Bus konvoi Timnas Indonesia tiba di gerbang VIP Patung Panahan Gelora Bung Karno tepat pada pukul 11.23 WIB. Setelah ini, para pemain Timnas Indonesia yang muslim akan menjalani ibadat sholat jumat sebelum melakukan seremoni.

Saat tiba di Gelora Bung Karno, konvoi Timnas Indonesia juga langsung disambut meriah fans yang sudah memadati lokasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pidato Erick Thohir

Setibanya di Bundara HI, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sempat menyampaikan pidato singkat di hadapan warga. Pada kesempatan itu, dia juga meminta maaf kepada para pengguna jalan di Jakarta. 

"Saya mohon maaf karena acara konvoi dilakukan sekarang," kata Erick Thohir. 

"Mereka (Timnas Indonesia U-22) sudah satu setengah bulan di sini. Mereka menjalani persiapan di sini, mereka puasa di sini. Setelah ini, mereka akan dibubarkan," Erick menambahkan. 

PSSI seperti diketahui sangat mengapreseasi perjuangan timnas Indonesia U-22 di arena SEA Games 2023. Pasukan Indra Sjafri tampil perkasa dan memenangkan seluruh pertandingan sejak fase grup. 

3 dari 5 halaman

Serukan Revolusi Mental Sepak Bola Indonesia

Di babak final, Timnas Indonesai U-22 lewat perjuangan ekstra ketat akhirnya berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 sekaligus mengakhiri penantian panjang 32 tahun sepak bola Indonesia. 

"Ayo kita bangkitkan sepak bola Indonesia. Ayo kita revolusi mental sepak bola Indonesia," seru Erick dalam sambutannya. 

Pidato menteri BUMN itu tidak berlangsung lama. Rombongan kemudian diminta untuk segera melanjutkan perjalanan mengingat waktu sholat Jumat yang sudah tidak lama lagi.  Selanjutnya konvoi Timnas Indonesia U-22 akan kembali ke kawasan Senayan untuk mengakhiri perjalanan di GBK. 

4 dari 5 halaman

Tersendat di Senayan

Pawai keberhasilan Timnas Indonesia menjuarai SEA Games 2023 sedang berlangsung, Jumat (19/5/2023). Marselino dan kawan-kawan telah keluar dari Hotel Fairmont sekitar pukul 08.00 WIB.

Raut kegembiraan terpancar dari seluruh skuat Garuda Muda saat menaiki bus. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dan pelatih Indra Sjafri berada di barisan depan atas bus bersama kapten tim Rizky Ridho.

Perjalanan Timnas Indonesia U-22 menuju Kantor Kemenpora tampak tersendat. Arak-arakan bus per pukul 08.34 WIB masih berada di kawasan Senayan mengingat tingginya animo suporter yang ingin melihat para Garuda Muda.

Para suporter dan pemain kompak menyanyikan chant-chant yang biasa berkumandang di area tribun stadion saat timnas berlaga sembari mengibarkan bendera Merah-Putih dan juga semburan suar.

Timnas Indonesia U-22 bergabung bersama para atlet dari cabang olahraga lain yang sudah berkumpul di Kantor Kemenpora sebagai titik awal keberangkatan parade.

Perjalanan parade sendiri masih akan berlanjut dengan menuju area Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang berjarak sekitar lima kilometer dari kantor Kemenpora. Kondisi di Bundaran HI saat ini pun telah dipenuhi suporter dan masyarakat yang tak sabar menanti kehadiran para Garuda Muda.

5 dari 5 halaman

Suporter Indonesia Sudah Siap Sambut Timnas Sejak Subuh

Pendukung Timnas Indonesia U-22 menunjukkan antusiasme luar biasa untuk menyambut pahlawan lapangan hijau. Mereka sudah memadati ruas jalan Asia Afrika, Senayan, untuk mengiringi bus atap terbuka yang akan membawa Garuda Nusantara merayakan sukses medali emas sepak bola SEA Games 2023.

Suporter terlihat berkumpul Jumat (19/5/2023) pukul 05.00 WIB. Sedangkan acara dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB dari kantor Kemenpora.

Rombongan akan dilepas oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menpora, Dito Ariotedjo. Arak-arakan akan menuju jalan Jenderal Sudirman, lalu memutar di Bundaran Hotel Indonesia, kembali ke arah Senayan, menaiki jembatan Semanggi, dan berakhir di Parkir Timur, GBK Jakarta.

Dalam pawai yang mengusung tajuk "Welcoming SEA Games Football Winner", panitia juga menyediakan beberapa panggung musik dan hiburan di sepanjang jalan yang akan dilewati bus.

Sejak timnas mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (18/5/2023) malam ribuan penggemar sudah menyambut penuh suka cita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.