Sukses

Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2023: 2 All-Indonesian Final Tercipta, Peluang Bawa Pulang 4 Emas

Wakil tunggal putra dan ganda putri Indonesia pada bulu tangkis SEA Games 2023. Berstatus unggulan 1-2, mereka mengalahkan lawan masing-masing pada babak empat besar untuk menciptakan all-Indonesian final.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil tunggal putra dan ganda putri Indonesia pada bulu tangkis SEA Games 2023. Berstatus unggulan 1-2, mereka mengalahkan lawan masing-masing pada babak empat besar untuk menciptakan all-Indonesian final.

Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose meraih kemenangan di Morodok Techo Badminton Hall, Senin (15/5/2023). Mereka selanjutnya bertarung memperebutkan emas SEA Games 2023 pada besok, Selasa (16/5/2023). 

Di balik sukses ini, masih ada kekecewaan dari nomor lain. Unggulan pertama ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana harus mengakui keunggulan pasangan Thailand. 

Kini Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan akan coba membalas kekalahan mereka di partai puncak.

Kans emas juga berpeluang hadir di ganda campuran menyusul kemenangan ungggulan pertama Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Sayang tunggal putri gagal membuat kejutan. Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo tidak berdaya melawan pemain Thailand yang berstatus favorit sehingga harus puas dengan medali perunggu.

Lihat hasil bulu tangkis SEA Games 2023 di halaman berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2023

Tunggal Putra

Christian Adinata vs Leong Jun Hao (Malaysia): 21-19, 21-12

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Lee Shun Yang (Malaysia): 21-15, 21-18

 

Tunggal Putri

Komang Ayu Cahya Dewi vs Lalinrat Chaiwan (Thailand): 14-21, 18-21

Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Supanida Katethong (Thailand): 11-21, 10-21

 

Ganda Putra

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul (Thailand): 12-21, 19-21

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan vs Nge Joo Jie/Johann Prajogo (Singapura): 21-16, 21-18

 

Ganda Putri

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Lee Xin Jie/Low Yeen Yuan (Malaysia): 21-9, 21-9

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose vs Cheng Su Hui/Cheng Su Yin (Malaysia): 21-10, 21-17

 

Ganda Campuran

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Ratchapol Makkasasithorn/Chasinee Korepap (Thailand): 19-21, 21-18, 21-19

 

 
3 dari 3 halaman

Tim Putra Kantongi Emas

Pada nomor beregu yang digelar sebelumnya, tim putra Indonesia sukses meraih emas usai menaklukkan Malaysia 1-3. Sedangkan tim putri harus puas dengan perak setelah dibungkam Thailand 0-3.

Hasil ini membuat Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan menduduki takhta yang sempat hilang direbut Thailand, setelah sebelumnya dalam laju enam kali juara beruntun.

Indonesia juga ingin mempertegas dominasi pada nomor ini di SEA Games. Merah Putih tercatat sudah merebut 18 emas, terbanyak di antara negara lain.

Sementara di tim putri, kekalahan dari Thailand merupakan ulangan final tiga edisi terakhir regu putri bulu tangkis SEA Games. Dalam tiap kesempatan Merah Putih harus mengakui keunggulan Negeri Gajah.

Penantian panjang Indonesia terhadap emas dari regu putri SEA Games pun terus berlanjut. Terakhir kali Indonesia menguasai nomor ini pada 2007. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.