Sukses

Jadwal Siaran Langsung Final Sepak Bola SEA Games 2023, Selasa 16 Mei 2023: Timnas Indonesia U-22 Ditantang Thailand

Timnas Indonesia U-22 bakal menghadapi persaingan sengit di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Garuda Nusantara diagendakan bersua dengan Thailand dalam laga yang dihelat di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB, dan disiarkan di stasiun televisi RCTI.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 bakal menghadapi persaingan sengit di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Garuda Nusantara diagendakan bersua dengan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) pukul 19.30 WIB.

Pertandingan kali ini menjadi laga krusial yang wajib dimenangkan jika Timnas Indonesia U-22 ingin mengakhiri paceklik emas SEA Games. Seperti diketahui, pasukan Merah Putih memang sudah absen naik ke podium tertinggi cabor olahraga di perhelatan tersebut.

Pasukan Garuda Nusantara terakhir menorehkan kejayaan di SEA Games 1991. Kala itu, Timnas Indonesia berhak menggondol medali emas usai menaklukkan Thailand lewat drama adu penalti dengan skor akhir 4-3.

Perjuangan mengulangi kesuksesan yang sama bukanlah tugas mudah bagi skuad Merah Putih. Pasalnya, Thailand dalam beberapa tahun terakhir sudah bertransformasi menjadi lawan tangguh di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Timnas Indonesia juga tercatat sudah berkali-kali berjumpa dengan pasukan Gajah Perang di berbagai fase SEA Games edisi terdahulu. Hasilnya, hanya 5 dari 22 laga yang mampu dimenangkan Garuda Nusantara.

Adapun sebanyak 15 laga lain didominasi oleh Thailand, sementara dua pertandingan sisanya hanya berakhir imbang.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-22 bisa menantikan kiprah tangan dingin Indra Sjafri. Pelatih berusia 60 tahun yang ditunjuk menukangi Garuda Nusantara di SEA Games 2023 itu diketahui punya catatan apik saat melawan Thailand.

Indra Sjafri pernah mengangantar anak-anak asuhnya menaklukkan tim Gajah Perang dengan dua gol tanpa balas di sepak bola SEA Games 2019. Sosok yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu bahkan mampu mengantar Garuda Nusantara tembus ke final edisi yang sama, sebelum akhirnya takluk oleh Vietnam di partai puncak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-22 Tanpa Pratama Arhan

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-22 juga punya challenge tambahan menjelang babak final. Skuad Garuda Nusantara terancam tampil tanpa bek andalan Pratama Arhan yang terkenal akan skill lemparan ke dalamnya.

Penggawa Tokyo Verdy itu memang kemungkinan harus merelakan pertandingan di partai puncak melawan Thailand. Penyebabnya, Arhan sempat diusir keluar lapangan usai menerima kartu kuning kedua dalam laga semifinal kontra Vietnam.

Ketiadaan Pratama Arhan dikhawatirkan bakal berdampak terhadap performa Garuda Nusantara. Apalagi, eks pemain PSIS Semarang itu punya kontribusi di balik terciptanya dua gol pertama Indonesia di fase empat besar.

Walau begitu, pelatih Indra Sjafri nampaknya tak mau terlalu pusing menanggapi potensi ketidakhadiran Arhan. Ia menegaskan pihaknya sudah punya opsi lain untuk diturunkan sebagai pengganti sang pemain di laga final.

“Enggak ada Arhan pun ada Haykal. Kita menganggap 20 pemain yang dibawa itu terbaik. Kita tak pernah bedakan antara Arhan dan Haykal,” tutur Indra dalam keterangannya di Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023) lalu, seperti dilansir dari Antara.

Sekadar informasi, duel Indonesia vs Thailand dalam final sepak bola SEA Games 2023 nantinya dapat disaksikan melalui siaran langsung di RCTI. Simak rincian jadwal dan live streaming pertandingan antara duo kesebelasan pada halaman selanjutnya!

3 dari 3 halaman

Jadwal Siaran Langsung Final SEA Games Indonesia vs Thailand

Selasa, 16 Mei 2023

Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22

Waktu: 19.30 WIB

Lokasi: Olympic Stadium, Phnom Penh

Siaran langsung: Stasiun televisi RCTI

Live streaming: RCTI+ (https://www.rctiplus.com/tv/rcti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini