Sukses

Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2023: Singkirkan Kamboja, Tim Putri Indonesia Melaju ke Semifinal

Tim putri bulu tangkis Indonesia sukses mengamankan tiket menuju babak semifinal beregu putri SEA Games 2023 usai menumbangkan perlawanan tuan rumah Kamboja dengan catatan telak 3-0 pada Selasa (9/5/2023) pagi WIB.

Liputan6.com, Jakarta Tim putri bulu tangkis Indonesia sukses merebut tiket menuju babak semifinal SEA Games 2023. Kepastian ini didapat usai Ester Nurumi Tri Wardoyo dan kawan-kawan unggul 3-0 atas tuan rumah Kamboja dalam laga perempat final beregu putri yang dihelat di Morodok Techo Badminton Hall, Selasa (9/5/2023) siang WIB.

Tim Indonesia memang tampil menjanjikan sejak partai pertama. Komang Ayu Cahya Dewi yang dipercaya turun di pos 1 tunggal putri berhasil unggul cepat 21-4 atas wakil tuan rumah Phon Chenda di game pembuka.

Komang pun tak butuh waktu lama untuk mengukuhkan dominasinya atas pebulu tangkis Kamboja. Penggawa Merah Putih lagi-lagi ogah memberi kesempatan bagi lawan untuk mengembangkan permainan di set kedua.

Komang kembali memetik hasil dominan 21-4, sekaligus mengantar tim putri bulu tangkis Indonesia unggul sementara 1-0 di partai pertama.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi lantas turun untuk melanjutkan perjuangan srikandi Merah putih di babak perempat final bulu tangkis SEA Games 2023.

Seperti halnya Komang, Ana/Tiwi juga tak menemui kesulitan berarti di laga tersebut. Ganda putri bulu tangkis Indonesia mampu mencatatkan keunggulan 21-12 pada game pertama.

Wakil Kamboja Chheng Huy/Seavty Teav sempat mencoba memberi perlawanan di set kedua. Namun, upaya tersebut belum cukup untuk melampaui ketangguhan Ana/Tiwi. Duo Indonesia kembali meraih hasil dominan 21-15 atas lawannya.

Srikandi Merah Putih berada di atas angin. Hanya dengan satu kemenangan lagi, Indonesia sudah memastikan tiket menuju babak semifinal beregu putri bulu tangkis SEA Games 2023.

Adalah Ester Nurumi Tri Wardoyo yang ditugaskan menyambung perjuangan di partai ketiga sekaligus menjadi penentu nasib Indonesia. Adik kandung atlet tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo itu berhasil menunaikan tugasnya dengan baik usai mencatatkan kemenangan telak 21-6, 21-8 atas Heang Leakhena.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Hadapi Filipina di Semifinal

Adapun Indonesia setelah ini bakal ditantang Filipina di semifinal SEA Games 2023. Negara tersebut sudah lebih dulu mengamankan tiket menuju babak empat besar usai menumbangkan Malaysia di fase perempat final.

Pasukan dari Negeri Jiran sama sekali tak berkutik saat menghadapi lawannya pada Senin (8/5/2023) lalu. Malaysia yang sejatinya lebih diunggulkan justru dipaksa mengakui keunggulan Filipina setelah takluk 0-3 dari rivalnya.

Dengan hasil ini, Filipina menghidupkan asa naik ke podium tertinggi cabang olahraga bulu tangkis beregu putri SEA Games 2023 Kamboja. Mereka dijadwalkan bersua dengan Indonesia pada Rabu (10/5/2023) mulai pukul 10.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Hasil Perempat Final Indonesia vs Kamboja

(WS1) Komang Ayu Cahya Dewi vs Phon Chenda (Kamboja); 21-4, 21-4

(WD1) Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Chheng Huy/ Seavty Teav (Kamboja); 21-12, 21-15

(WS2) Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Heang Leakhena (Kamboja); 21-6, 21-8

(WD2) Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose vs Phon Chenda/Kimloung Lim (Kamboja); Tidak Dimainkan

(MS3) Mutiara Ayu Puspitasari vs Bun Srey Hong (Kamboja); Tidak Dimainkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.