Sukses

Jadwal SEA Games 2023, Selasa 9 Mei: Peluang Tim Tenis Rebut Emas

Perjuangan Indonesia meraup medali SEA Games 2023 Kamboja berlanjut, Selasa (9/5/2023). Para atlet berusaha meraih emas untuk menduduki posisi tiga besar sesuai target.

Liputan6.com, Jakarta - Perjuangan Indonesia meraup medali SEA Games 2023 Kamboja berlanjut, Selasa (9/5/2023). Para atlet berusaha meraih emas untuk menduduki posisi tiga besar sesuai target.

Kontingen Merah Putih berada di peringkat empat klasemen medali SEA Games Kamboja hingga Senin (8/5/2023) tengah malam. Indonesia mengoleksi 84 medali yang terdiri dari 22 emas, 19 perak, dan 43 perunggu.

Indonesia berkesempatan menambah pundi berdasar jadwal SEA Games 2023 hari ini. Sejumlah atlet perorangan bakal turun pada cabor yang menyediakan medali, di antaranya atletik, renang, vovinam, dan tenis beregu.

Tim putri tenis bakal menghadapi Thailand di final. Mereka melaju ke partai puncak usai menaklukkan tuan rumah 2-0.

Kemenangan Indonesia dibuka oleh Aldila Sutjiadi setelah mengempaskan Andrea Ka, 6-4 6-1. Petenis muda Priska Nugroho kemudian memastikan kemenangan usai mengalahkan Grace Annete, 6-0 6-0.

"Kami optimistis bisa menang dan bakal all out pada pertandingan final. Siapa memberikan yang terbaik itu yang akan menjadi pemenang," ungkap Priska.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Putri Bulu Tangkis Memulai Perjuangan

Sementara atlet cabor lain baru memulai perjuangan di SEA Games. Salah satunya tim putri yang menghadapi tuan rumah Kamboja pada perempat final.

Di atas kertas Indonesia diunggulkan bisa meraih kemenangan. Namun, para atlet menyadari tim tuan rumah mempunyai keuntungan tersendiri sehingga wajib diwaspadai.

"Karena bermain di rumah sendiri pasti mereka lebih lepas mainnya. Pasti ada keinginan untuk tampil maksimal dari mereka. Itu yang harus diwaspadai dari lawan Kamboja," ucap pemain ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi lewat keterangan resmi PP PBSI.

Jika mampu mengalahkan Kamboja, tim putri bakal menghadapi Filipina di semifinal SEA Games 2023 keesokan harinya. Filipina melangkah ke empat besar usai mengejutkan Malaysia 3-0, Senin (8/5/2023).

3 dari 3 halaman

Voli Putri Juga Beraksi

Timnas voli putri Indonesia juga menjalani pertandingan perdana SEA Games 2023 pada Selasa (9/5/2023). Tim asuhan Alim Suseno akan menghadapi lawan berat Thailand.

Jelang partai ini, Indonesia mendapat kabar buruk dengan cederanya Megawati Hangestri Pertiwi. Pemain yang bermain di posisi opposite itu tidak dapat berlatih maksimal.

"Saya mengalami cedera pinggang kiri," kata Megawati Hangestri Pertiwi di Kamboja, Senin (8/5/2023), seperti dalam keterangan PBVSI.

Menurut atlet voli kelahiran Jember, Jawa Timur, itu tahun lalu dia juga mengalami cedera serupa ketika membela Jakarta Pertamina di Proliga 2022.

“Saat itu dirawat dan sembuh. Saat ini, saya juga menjalani terapi. Saya berharap bisa tampil sejak pertandingan pertama melawan Thailand," ucap Megawati.

Pelatih timnas voli putri Indonesia Alim Suseno berharap Megawati Hangestri Pertiwi berharap segera sembuh dari cedera pinggang. "Dia terus menjalani terapi. Saya berharap dia segera sembuh," ujarnya.

"Katanya masih ada rasa sakit tadi, semoga dia sembuh total sehingga bisa tampil maksimal."

Namun, tambah Alim, jika Megawati tidak bisa maksimal, maka posisinya akan diganti Hany Budiarti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini