Sukses

Jadwal SEA Games 2023, Minggu 7 Mei: Peluang Menambah Emas

Pahlawan olahraga Indonesia melanjutkan perjuangan pada SEA Games 2023 di Kamboja, Minggu (7/5/2023). Merah Putih berambisi kembali merebut emas demi mewujudkan target bertahan di tiga besar.

Liputan6.com, Jakarta - Pahlawan olahraga Indonesia melanjutkan perjuangan pada SEA Games 2023 di Kamboja, Minggu (7/5/2023). Merah Putih berambisi kembali merebut emas demi mewujudkan target bertahan di tiga besar.

Kontingen Merah Putih berada di posisi dua klasemen medali SEA Games Kamboja hingga Sabtu (6/5/2023) malam. Indonesia mengoleksi delapan emas, tujuh perak, dan 11 perunggu.

Unggul atas Thailand (7-10-16) dan Filipina (7-9-14), Indonesia hanya kalah dari tuan rumah Kamboja (19-11-11).

Indonesia berkesempatan memperkuat posisi melihat jadwal SEA Games 2023 hari ini. Sejumlah atlet perorangan bakal turun pada cabor yang menyediakan medali, di antaranya triathlon, renang, mountain bike, karate, dan vovinam.

Pada cabor tim, wakil Indonesia melanjutkan kompetisi menuju perebutan medali. Tim basket 3x3 putri berkesempatan meraih emas jika mengalahkan Vietnam di semifinal.

Sedangkan tim voli putra dijadwalkan bersua Vietnam pada babak empat besar dalam usaha mempertahankan medali emas yang diraih dua tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangan Basket 3x3 Putri

Pelatih Timnas 3x3 Putri July Wong meyakini anak-anak asuhnya bisa menghadapi Vietnam di babak semifinal karena memiliki keunggulan fisik yang lebih tinggi. "Kita menang di big man. Kita ada Tari dan Kim, kita akan manfaatin itu untuk strenght kita," kata July Wong.

July menyebut calon lawan Agustin Gradita Retong dan kawan-kawan besok memiliki kecepatan dan gesit meski fisiknya lebih kecil dibandingkan pemain Indonesia.

Dia menyebutkan akan menjalankan strategi untuk mengantisipasi kecepatan dari para pemain Vietnam.

"Kita punya strategi, kita jaga lebih hustle, agresif di defense," katanya.

Timnas 3x3 Putri berhasil lolos ke babak gugur setelah menyelesaikan tiga laga di fase grup dengan menempati peringkat dua lewat raihan dua menang dan satu kalah.

Para srikandi Indonesia menang dari Singapura dengan skor 21-11, mengalahkan Malaysia 21-12, dan kalah tipis dari tuan rumah Kamboja 13-14.

Pemain naturalisasi Indonesia Kimberley Pierre Louis menjadi pencetak skor terbanyak bagi Indonesia dengan 19 poin dari tiga laga di babak grup. Selain itu, Kim juga berkontribusi besar terhadap blok dan rebound yang dilakukan saat bertahan.

Selanjutnya Timnas 3x3 Putri akan berhadapan dengan juara Grup A yaitu Vietnam pada Minggu (7/5). Sementara Juara Grup B Kamboja akan berhadapan dengan runner up Grup A Filipina.

Sayangnya kesuksesan 3x3 Putri menembus semifinal tidak diikuti oleh 3x3 Putra. Avan Seputra dan kawan-kawan hanya menempati urutan ketiga di Grup A dengan torehan satu menang dan dua kalah.

Timnas 3x3 Putra hanya menang melawan Laos dengan skor 22-11, sementara kalah dari Vietnam 18-21, dan kalah dari Filipina 13-21.

3 dari 3 halaman

Ambisi Tim Voli Putra

Timnas bola voli putra Indonesia mendapatkan modal manis menjelang laga semifinal SEA Games 2023 melawan Vietnam. Mereka menyapu bersih seluruh lawan di Grup A. 

Korban terbaru adalah Kamboja yang dikalahkan 3-0, Sabtu (6/5/2023). Tim asuhan Jeff Jiang Jie ini sebelumnya menang lawan Filipina dan Singapura.

"Ini hasil yang bagus (menang lawan Kamboja) di tengah rotasi pemain yang terus kami lakukan. Saat ini kita tinggal bersiap menghadapi Vietnam di semifinal," kata Jeff Jiang Jie.

Menurut dia, pada laga melawan Kamboja pihaknya menurunkan pemain sebagian berbeda dengan laga-laga sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk menentukan formasi terbaik untuk menghadapi laga krusial.

"Vietnam tim yang kuat. Makanya kami akan berusaha menurunkan pemain terbaik pada pertandingan nanti," kata pelatih yang membawa timnas voli putra Indonesia merebut emas SEA Games Vietnam itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.