Sukses

Menpora Dito Ariotedjo: 70 Persen Atlet Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja Merupakan Pelajar dan Mahasiswa

SEA Games 2023 Kamboja akan berlangsung pada 5 Mei - 17 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora) Dito Ariotedjo melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Menpora Dito berharap, ajang ini jadi momentum bagi atlet nasional Indonesia untuk menghadapi kancah yang lebih tinggi seperti Asian Games dan Olimpiade.

Sebanyak 599 atlet Indonesia bakal tampil di SEA Games 2023 Kamboja. Mereka akan berlaga di 31 dari 37 cabang olahraga (Cabor) yang dilombakan atau dipertandingkan mulai 5 Mei hingga 17 Mei 2023. Rombongan besar dijadwalkan akan bertolak ke Kamboja pada tanggal 4 Mei 2023.

"Sesuai dengan desain besar Olahraga Nasional, SEA Games ke-32 tahun 2023 merupakan sasaran untuk meraih prestasi di Asian Games dan Olimpiade yang menjadi target utama,” kata Dito usai pelepasan kontingen yang dilakukan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (2/5/2023).

Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan, komposisi Kontingen Indonesia terdiri dari 70 persen atlet junior yang sebagian besar berstatus pelajar dan mahasiswa. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada mereka menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme melalui atmosfer multi event internasional.

"Sehingga mereka dapat berprestasi di masa yang akan datang serta meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam mengimplementasikan visi pembangunan sumber daya manusia,” jelas Dito.

Dito percaya, olahraga adalah satu dari tiga faktor pendukung majunya proses kemajuan bagi anak bangsa, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik yang menjadi hierarki dari pendidikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden Jokowi Pesan 69 Emas dari SEA Games 2023

Sebagai informasi, beberapa cabang olahraga sudah mulai bertanding lebih awal seperti sepak bola, Cricket, dan hoki indoor, sudah lebih dulu dilaksanakan di Kamboja. SEA Games ke-32 tahun 2023 akan diselenggarakan dalam 4 kota, yakni Sihanoukville, Phnom Penh, Kampot dan Siem Reap.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melepas kontingen Indonesia untuk ajang SEA Games ke-32 di Kamboja. Acara berlangsung di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (2/5/2023). 

"Saya hanya pesan, di SEA Games Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas dan peringkat kita di urutan ketiga, sekarang mestinya lebih dari itu," kata Jokowi dalam sambutannya. 

"Saya minta emasnya di atas 69 dan peringkat di atas 3," sambung dia.

 

3 dari 3 halaman

Bakar Semangat Atlet

Jokowi pun membakar semangat para atlet yang akan berlaga di SEA Games Kamboja dan berharap Indonesia bisa berada di urutan ke dua atau pertama. Meski bukan target mudah, dia yakin hal itu bisa terwujud saat dilakukan maksimal.

"Saya lihat atlet di sini telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk nanti berlaga di Kamboja," ujar dia.

Jokowi pun secara resmi memberangkatkan para kontingen Indonesia untuk berlaga di Kamboja.

"Dengan mengucap Bismillah pada pagi hari ini kontingan SEA Games ke-32 di Kamboja 2023 saya nyatakan diberangkatkan," pungkas Jokowi.

Pesta Olahraga Asia Tenggara atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang multi-cabang olahraga yang diadakan setiap dua tahun sekali dengan melibatkan 11 negara di Asia Tenggara.

 

Laporan Ditto Radityo| Liputan6.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini