Sukses

Utak-Atik Liga Inggris, Peluang Manchester City Vs Arsenal: Tim Tamu Tertekan

Duel ini bisa dibilang adalah pertandingan paling krusial di Liga Inggris musim 2022/2023 karena hasil akhir dari pertandingan ini dapat menentukan siapa yang akan menyabet gelar juara liga.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City akan menjamu Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-33 di Etihad Stadium, Kamis (27/4/2023) pukul 02.00 WIB. Duel ini sangat krusial di Liga Inggris musim 2022/2023 karena hasil akhir dari pertandingan berpotensi jadi penentu siapa yang akan menyabet gelar juara pada musim ini.

Arsenal dan Manchester City menjadi dua tim teratas di puncak klasemen Liga Inggris 2022/2023. The Gunners masih memuncaki klasemen sementara The Citizen sementara ini duduk di posisi kedua.

Kendati begitu, jarak kedua tim tidak terpaut jauh. Pasukan Pep Guardiola hanya tertinggal 5 poin dari Arsenal dan masih punya dua tabungan pertandingan. Oleh karena itu, Arsenal tidak punya pilihan selain memenangkan laga demi memperlebar jarak dan memperkecil peluang City merangsek ke posisi puncak.

Namun, melihat catatan pertandingan Arsenal dengan City sebelumnya, nampaknya ini akan menjadi duel yang sangat sulit bagi Martin Odegaard dan kawan-kawan. Klub asal London Utara tersebut telah kalah dalam 11 pertandingan terakhir melawan Man City di ajang liga. Rekor tersebut merupakan kekalahan beruntun terpanjang yang dialami The Gunners atas satu tim dalam sejarah Liga Inggris.

Arsenal sendiri memiliki persentase yang jauh lebih kecil untuk keluar sebagai pemenang. Berikut analisisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Terkini

Manchester City masih mengungguli Arsenal. Tercatat The Citizen telah memenangkan delapan dari sembilan pertandingan Liga Inggris terakhir mereka. Selain itu, mereka jauh lebih kuat jika bermain di kandang dengan koleksi 17 kemenangan dari 19 pertandingan liga terakhir (1 imbang dan 1 kalah).

Selain itu, di semua kompetisi pasukan Pep Guardiola juga belum terkalahkan dalam 16 laga. The Citizens telah memenangkan 13 di antaranya, dengan hasil imbang melawan Nottingham Forest, RB Leipzig dan Bayern Munchen menjadi satu-satunya pertandingan yang gagal mereka menangi.

Sementara itu, performa Arsenal baru-baru ini sangat membuat frustrasi, dengan tiga hasil imbang berturut-turut yang sangat mengancam asa juara Liga Inggris mereka. Padahal, dalam dua laga tandang melawan Liverpool dan West Ham, The Gunners unggul dua gol lebih dulu, tetapi harus berakhir dengan skor 2-2. Terakhir Arsenal juga bermain imbang 3-3 dengan juru kunci Southampton di Emirates Stadium .

3 dari 4 halaman

Skuad Pincang

Arsenal juga harus ekstra hati-hati karena mereka akan berduel dengan keadaan pincang setelah bek andalan mereka William Saliba harus absen karena masalah cedera. Mohamed Elneny dan Takehiro Tomiyasu juga masih belum bisa tampil. Sementara itu, Granit Xhaka juga masih diragukan setelah ia tidak ikut dalam pertandingan kontra Southampton akhir pekan lalu karena sakit.

Dari sisi tim tuan rumah, hanya bek asal Belanda, Nathan Ake yang absen karena cedera hamstring yang ia alami ketika menghadapi Bayern Munchen.

4 dari 4 halaman

Hampir Tidak Punya Kesempatan

Mengacu pada perhitungan yang dilakukan oleh Opta Analyst, Arsenal hanya memiliki persentase kemenangan sebesar 15,3 persen, jauh lebih kecil dari Manchester City yang memperoleh angka sebesar 62 persen. Bahkan, hasil imbang pun masih lebih besar persentasenya dengan angka 22,7 persen.

Terlepas dari itu, The Gunners dinilai sangat membutuhkan kemenangan dari laga ini. Berdasarkan proyeksi dari Opta, jika skuad asuhan Mikel Arteta dapat merebut poin penuh, peluang mereka untuk memenangkan gelar juara Liga Inggris 2022/2023 adalah 56 persen, mengungguli City dengan 44 persen.

Namun, jika Man City akhirnya keluar sebagai pemenang, perburuan gelar Arsenal dapat dikatakan sudah berakhir. Pasalnya, Opta memprediksi City akan memiliki peluang sebesar 91 persen untuk akhirnya keluar sebagai juara liga jika berhasil mencuri poin dari The Gunners. Hasil imbang juga masih akan menguntungkan City dengan mereka masih memiliki peluang untuk menjuarai liga sebesar 72 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini