Sukses

Masuk Skuad Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023, Indra Sjafri Puji Pemain Jebolan Liga 2 Haykal Alhafiz

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri melontarkan pujian untuk Haykal Alhafiz yang resmi diumumkan sebagai bagian dari skuad Garuda Nusantara dalam perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri melontarkan pujian untuk Mohammad Haykal Alhafiz yang resmi menjadi bagian dari skuad Garuda Nusantara dalam perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja.

Menurutnya, keberadaan Haykal dalam tim Merah Putih menunjukkan bahwa Liga 2 bisa berkontribusi mengirimkan pemain bagi timnas di ajang sepak bola internasional.

Sekadar informasi, PSSI memang telah mengumumkan daftar nama-nama penggawa yang akan diboyong ke negeri Angkor Wat pada Jumat (21/4/2023) lalu. Haykal pun diikutsertakan dalam skuad guna mengisi pos di lini belakang.

Usut punya usut, pemain berusia 22 tahun itu sempat menjalani karier bersama klub Liga 2. Ia diketahui pernah memperkuat Persikab Bandung sebelum didatangkan sebagai rekrutan anyar PSIS Semarang pada 20 April lalu.

“(Ada pemain Liga 2) si Haykal (dalam skuad SEA Games 2023). Ini menunjukkan Liga 2 juga berkontribusi dan dia membuktikan bisa tembus,” tutur sang pelatih kala ditemui saat sesi latihan Timnas Indonesia U-22 di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/4/2023) sore WIB.

“(Pemilihan Haykal) itu dengan beberapa kali uji coba, dengan konsistensinya dia, dan mungkin hampir semua orang sepakat dia masuk,” sambung Indra Sjafri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kagum dengan Komitmen Haykal Alhafiz

Lebih lanjut, Indra Sjafri juga nampak kagum dengan komitmen Haykal di Timnas Indonesia U-22. Menurutnya, eks penggawa Persikab itu merupakan sosok penggawa yang benar-benar memiliki hati di sepak bola.

“Jadi memang ada individu pemain yang dari hatinya di sepakbola. Itu (walau) tidak ada pertandingan, kompetisi, dia latihan juga. Karena memang pelatihan bisa dilakukan sendiri, terutama untuk menjaga kebugaran,” tutur Indra.

“Hal itu yang mungkin dilakukan oleh pemain-pemain yang komitmennya terhadap sepak bola benar-benar bagus. Dan itu ada di Haykal,” sambung juru taktik berusia 60 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup SEA Games 2023

Sekadar informasi, SEA Games 2023 Kamboja dijadwalkan bergulir mulai 5-17 Mei 2023. Namun, Timnas Indonesia U-22 akan lebih dulu mengawali persaingannya di cabang olahraga sepak bola pada 29 April mendatang.

Pihak penyelenggara telah melakukan drawing untuk menentukan pembagian grup SEA Games. Hasilnya, anak-anak asuh Indra Sjafri menjadi bagian dari grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, serta Timor Leste.

Adapun persaingan grup B diramaikan oleh musuh bebuyutan Indonesia, Vietnam dan Thailand, serta tiga negara lain, yakni Malaysia, Singapura, juga Laos. Simak jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2023 Kamboja di bawah ini!

29 April 2023

16.00 WIB: Indonesia vs Filipina

4 Mei 2023

16.00 WIB: Indonesia vs Myanmar

7 Mei 2023

16.00 WIB: Timor Leste vs Indonesia

10 Mei 2023

19.00 WIB: Kamboja vs Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.