Sukses

Penjelasan PT LIB Soal PSM Juara BRI Liga 1 Cuma Dapat Trofi

PT LIB menegaskan sejak tahun 2018, tim juara liga memang cuma mendapatkan trofi juara saja.

Liputan6.com, Jakarta- PSM Makassar baru saja merayakan keberhasilan menjadi juara BRI Liga 1 musim 2022/2023 pada pekan terakhir yang berlangsung 16 April 2023. Juku Eja menerima trofi juara usai pertandingan melawan Borneo FC yang dimenangi dengan skor telak 3-0.

Sebenarnya PSM Makassar sudah memastikan diri menjadi juara sejak akhir Maret 2023 setelah menghajar tuan rumah Madura United. PSM tak lagi terkejar oleh pesaingnya seperti Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Namun penyerahan trofi dan pesta baru digelar di laga terakhir yang berlangsung di kandang sendiri, Stadion BJ Habibie.

Pesta juara PSM mendapat sorotan dari pecinta bola. Pasalnya klub asal Sulawesi Selatan itu cuma mendapatkan trofi saja, tanpa memperoleh uang hadiah.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus akhirnya memberikan penjelasan pada Selasa (18/4/2023). Menurut Ferry, PT LIB memang cuma memberikan trofi juara sejak tahun 2018. Bukan hanya PSM saja yang mengalaminya. Persija Jakarta dan Bali United saat juara juga tak mendapat uang hadiah.

"Hal ini sudah menjadi kesepakatan seluruh klub peserta Liga 1 sejak 2018. Persija Jakarta dan Bali United saat juara pun mendapatkan perlakuan yang sama," ujar Ferry di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Diinformasikan Sejak Awal Musim

Ferry mengatakan PT LIB bahkan sejak awal musim telah kembali memberikan informasi kepada seluruh peserta terkait hal tersebut. Ferry menyebut saat itu seluruh klub, termasuk manajemen PSM Makassar pun telah diinformasikan dan sepakat.

Meski tim juara tak mendapatkan hadiah uang, sebenarnya seluruh klub peserta BRI Liga 1 musim 2022/2023 sudah mendapatkan kontribusi uang dari PT LIB. Menurut Ferry, semua klub sudah memahami hal ini.

"Semua ini sudah dibatasi dan disalurkan ke dalam kontribusi uang yang diterima seluruh klub. Sampai saat ini seluruh klub memahami hal tersebut," kata Ferry.

3 dari 4 halaman

PSM Lengkap

Sukses PSM di BRI Liga 1 2022/2023 semakin lengkap. Bintang PSM Wiljan Pluim terpilih sebagai pemain terbaik. Pluim menjadi salah satu sosok penting yang mengantar Juku Eja naik ke podium tertinggi setelah absen mengecap gelar juara Liga 1 selama 23 tahun.

Pesepak bola berkepala plontos tercatat sanggup menyumbangkan 10 gol dan 9 assist dari total 26 pertandingan yang dilakoni sejak awal pelaksanaan BRI Liga 1 2022/2023.

Capaian ini melengkapi raihan Juku Eja usai juru taktiknya, Bernaro Tavares juga diganjar predikat sebagai pelatih paling top di kompetisi.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.