Sukses

PBSI Bidik 3 Gelar di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023

Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menetapkan target tiga gelar juara dari Kejuaraan Badminton Asia (BAC) 2023 yang berlangsung 25-30 April di Dubai, Uni Emirat Arab.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menetapkan target tiga gelar juara dari Kejuaraan Badminton Asia (BAC) 2023 yang berlangsung 25-30 April di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyebutkan target juara tersebut dibebankan kepada tunggal putra, ganda putra, dan tunggal putri.

"Kalau dari (kejuaraan) Asia saya harapkan bisa tiga ya. Ada dari tunggal putra, ganda putra, dan tunggal putri," kata Rionny pada keterangannya, Jumat (14/4/2023).

Rionny mengatakan, peluang terbesar meraih gelar juara berasal dari nomor ganda putra berdasarkan catatan yang dominan dari turnamen sebelumnya.

"Dari ganda putra kita dominan, tapi ya jangan anggap enteng. Dari tunggal putra ada, saya rasa dari hasil kemarin mereka punya motivasi. Saya rasa dari latihan ada rasa penasaran, ini yang terbaik dari mereka untuk tunggal putra," Rionny menjelaskan.

Sedangkan dari tunggal putri, Rionny berharap Gregoria Mariska Tunjung bisa menambah koleksi gelar usai pecah telur dengan menjuarai ajang BWF World Tour untuk pertama kali di Spain Masters.

Penampilan Gregoria dinilai mengalami peningkatan signifikan. Pada ajang level Super 300 itu, dia sukses mengalahkan juara Olimpiade Rio 2016 sekaligus wakil tuan rumah Carolina Marin, serta peraih medali perak Olimpiade Pusarla V Sindhu asal India.

"Gregoria kemarin sempat juara, kita siapkan lagi. Bukan mental, tapi tambah dengan gelar juara. Selalu kan (lolos) semifinal lalu final, akhirnya bisa juara. Nah ini saya targetkan juara lagi," papar Rionny.

Indonesia mengirim 20 wakil pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023. Berikut daftarnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakil Tunggal

Tunggal Putra

Jonatan Christie

Anthony Sinisuka Ginting

Chico Aura Dwi Wardoyo

Shesar Hiren Rhustavito (cadangan)

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung

Putri Kusuma Wardani

Komang Ayu Cahya Dewi

Ester Nurumi Tri Wardoyo (cadangan)

 

3 dari 3 halaman

Wakil Ganda

Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

Ganda Putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto

Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari

Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.