Sukses

Indonesia Jadi Brand Communication Partner Asian Paralympic Committee

Kolaborasi ini untuk mempersiapkan ajang olahraga dunia di Dubai dan Benua Asia.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah kegagalan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Indonesia mendapat kabar menggembirakan lain dari dunia olahraga internasional. Indonesia baru saja mendapat kepercayaan dari Asian Paralympic Committee (APC) selaku induk organisasi olahraga paralimpiade Asia.

APC mempercayakan perusahaan di Indonesia, yaitu PT Andai Kau Tahu (WYSIWYG.id) sebagai brand communication partner Asian Paralympic Committee. Kolaborasi ini untuk mempersiapkan ajang olahraga dunia di Dubai dan Benua Asia.

President Asian Paralympic Committee, Majid Rashed, Asian Paralympic Committee (APC) mengapresiasi, kolaborasi dengan PT Andai Kau Tahu (WYSIWYG.id) sebagai brand communication agency dari Indonesia yang akan memperkuat misi APC dalam mempromosikan gerakan paralimpiade.

"Kerja sama ini dapat membantu menciptakan nilai dan identitas merek yang kuat untuk APC dalam setiap penyelenggaraan kegiatan olahraga di Benua Asia" kata Rashed dalam keterangan tertulis, Jumat (14/4/2023).

Hal senada diungkapkan Direktur WYSIWYG.id Andro Rohmana Putra. Dia mengatakan, pihaknya bangga telah dipercaya organisasi APC yang menaungi 44 Nasional Komite Paralimpiade di Benua Asia sebagai brand communication partnernya.

"Dalam hal ini, dunia sudah memandang bahwa sumber daya manusia (SDM) Indonesia mampu mempersiapkan dan menyelenggarakan multi-sport event tidak hanya tingkat nasional tetapi juga skala internasional," ujar Andro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Di Dubai

Berdasarkan kontrak yang diberikan pihak APC, WYSIWYG.id dipercaya mempersiapkan strategi branding, komunikasi, public relation dan event marketing untuk tiga kejuaraan dunia yang akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, dan negara Asia lainnya.

Andro melanjutkan, kerja sama ini membuktikan bahwa WYSIWYG kedepannya akan terus berkomitmen membantu pengembangan bakat people of determination dalam bidang olahraga se-Asia. WYSIWYG akan turut serta dan turut mengembangkan kegiatan dan program yang diselenggarakan APC.

"Alhamdulillah, bulan ramadan membawa keberkahan bagi kami yang diberikan amanah untuk membantu mempersiapkan kejuaraan International Wheelchair Basketball, World Para Powerlifting Championship dan Asian Youth Paragames," tutur Andro yang juga inisiator Indonesia Event Management Summit Society ini.

3 dari 4 halaman

Jadi Tuan Rumah

Andro berharap, Indonesia kelak akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia lainnya. Selain yang disebutkan di atas, WYSIWYG.id juga siap membantu penyebaran nilai-nilai yang diajarkan oleh APC untuk anak-anak muda Indonesia melalui berbagai channel yang dimiliki oleh WYSIWYG.id.

“Tujuannya untuk menyebarkan semangat olahraga bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali termasuk penyandang disabilitas,” dia menutup.

Diketahui, Komite Paralimpiade Asia (Asian Paralympic Committee; APC) adalah sebuah organisasi olahraga yang berbasis di Uni Emirat Arab. Organisasi ini terdiri dari 44 Komite Paralimpiade Nasional di Benua Asia sebagai anggotanya. Organisasi ini sebagai pemilik lisensi dalam penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Difabel di tingkat Asia (Asian Paragames).

Komite Paralimpiade Asia diawali dengan nama Dewan Paralimpiade Asia. Dewan ini dibentuk pada 30 Oktober 2002 di Busan, Korea Selatan, mengikuti mosi yang dihadirkan oleh Komite Paralimpiade Nasional Malaysia pada Sidang Majelis Umum Komite Paralimpiade Internasional (IPC) 1999. Organisasi ini terdiri dari tiga sub-wilayah (Asia Timur, Asia Selatan dan Asia Tenggara), di bawah kepemimpinan Dato Zainal Abu Zarin dari Malaysia.

4 dari 4 halaman

Dewan Paralimpiade Asia

Pada 2004, untuk menyelaraskan dengan struktur yang diikuti oleh Komite Olimpiade Internasional, Komite Paralimpiade Internasional memutuskan bahwa sub-wilayah Asia Tengah dan Asia Barat juga akan berada di bawah tanggung jawab Dewan Paralimpiade Asia.

Pada 2006, Dewan Paralimpiade Asia diubah menjadi Komite Paralimpiade Asia (APC), dengan seorang Presiden yang sekarang dipilih secara langsung oleh Majelis Umum.

Pada 2010, Guangzhou, Tiongkok, berhasil menyelenggarakan Pesta Olahraga Difabel Asia pertama. Selama Sidang Umum yang diadakan pada Pesta Olahraga ini, Dato Zainal Abu Zarin terpilih kembali sebagai Presiden APC.

Pesta Olahraga Difabel Asia 2014 berlangsung di Incheon, Korea Selatan, dan Majelis Umum memilih Presiden baru, Majid Rashed dari Uni Emirat Arab (UEA).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.