Sukses

Magis Anak Murid Pep Guardiola Bawa Burnley Promosi ke Liga Inggris

Burnley kembali ke Liga Inggris usai tampil fantastis di bawah kepelatihan Vincent Kompany.

Liputan6.com, Jakarta - Burnley mengamankan tiket Premier League musim pepan di bawah komando pelatih Vincent Kompany. Mereka tercatat hanya kalah dua kali sepanjang musim Championship.

Burnley berhasil memenangkan laga kontra Middlesborough dengan skor 2-1 pada jumat malam (8/4/2023).Hasil itu mengamankan peluang klub tersebut untuk kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris musim 2023/2024. 

The Clarets, yang terdegradasi musim sebelumnya, telah berkembang pesat di bawah bimbingan Kompany.

Anak buah Pep Guardiola itu mengambil alih kursi kepelatihan klub yang bermarkas di Tur Moor itu pada musim panas dan langsung bekerja dengan sangat baik.

Burnley hanya kalah dua kali sejauh ini dan akan menghadapi klub-klub top liga inggris seperti Manchester City yang dilatih oleh Guardiola pada musim depan.

Sebelum pertandingan melawan Middlesbrough, Burnley sudah mengetahui bahwa kemenangan akan memastikan mereka promosi setelah rival terdekat Luton Town kehilangan poin melawan Millwall pada beberapa jam sebelumnya.

Terkait keberhasilan ini, Kompany tak menyangka jika anak buahnya bisa dipastikan promosi lebih dini ke kasta tertinggi Liga Inggris musim depan.

"Masih ada tujuh pertandingan tersisa dan kami sudah merayakannya (promosi). Kami bahkan tidak menyangkanya, ini kejutan," kata Vincent Kompany kepada Sky Sport.

Dalam kesempatan lain, Presiden Burnley, Alan Pace juga tak menyangka, timnya bisa kembali dengan cepat ke kasta tertinggi. Sebab, pencapaian itu di luar target mereka.

Ini sebuah kejutan, ini bukan rencana kami. Vincent (Kompany) dan saya sudah berbicara musim panas ini, kami menargetkan promosi dua atau tiga tahun. Tapi, ini lebih cepat,” ujar Alan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalannya pertandingan

Burnley tampil impresif di Riverside Stadium meski harus menghadapi tim Middlesbrough yang sedang bergairah di bawah arahan mantan pelatih Manchester United, Michael Carrick.

Ashley Barnes berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan tendangan Josh Brownhill dari tepi kotak penalti yang mengarah ke gawang Middlesbrough yang sedang kosong.

Namun, Middlesbrough berhasil menyamakan kedudukan hanya tiga menit setelah jeda babak kedua berkat tendangan penalti Chuba Akpom.

Namun, Burnley tidak menyerah dan Connor Roberts berhasil mencetak gol pada menit ke-66, sehingga Burnley memastikan promosi ke Liga Premier dengan mengumpulkan tujuh pertandingan tersisa - sebuah pencapaian yang mengesankan.

Selanjutnya, perhatian akan difokuskan pada merebut gelar juara Championship dari peringkat kedua saat ini Sheffield United yang tertinggal sebelas poin dari Burnley.

3 dari 4 halaman

Rekor baru Championship

Burnley memastikan promosi ke liga teratas tanah inggris dengan sisa tujuh pertandingan sisa. Hasil tersebut merupakan pencapaian terbaik sejak Championship berganti nama.

Rekor tersebut juga menunjukan kekuatan dan konsistensi tim dibawah arahan Vincent Kompany

4 dari 4 halaman

Pemain Kunci

Ashley Barnes adalah salah satu pemain kunci dalam kemenangan Burnley atas Middlesborough.

Barnes yang akan bebas transfer pada akhir musim ini menggambarkan pencapaian timnya sebagai "fenomenal", meskipun ia juga mengakui bahwa kisahnya dengan klub mungkin akan berakhir.

Dalam wawancara dengan Sky Sports, Ashley Barnes menyatakan rasa terharunya atas pencapaian tim dan situasinya yang akan berakhir dengan kontraknya di Burnley pada akhir musim ini.

Ia merasa bangga atas pencapaian tim yang berhasil promosi setelah musim sebelumnya yang sulit. Barnes merasa emosional karena bisa memberikan gol kemenangan bagi para penggemar Burnley.

Ashley Barnes juga memberikan penghormatan kepada kinerja Vincent Kompany selama musim perdananya sebagai manajer Burnley.

"Ini besar untuk Kompany dan seluruh staf, serta kerja keras mereka sepanjang musim yang telah terbayar," ucapnya.

Barnes juga menyoroti bahwa di awal musim, klub memiliki 17 atau 18 wajah baru yang bergabung sehingga kesuksesan mereka dalam mencapai promosi sudah di luar dugaan.

Ia berharap Burnley bisa menyelesaikan musim ini dengan merebut gelar juara Championship.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.