Sukses

MU Terancam Tidak Lolos Liga Champions Jika Sir Jim Ratcliffe Jadi Pemilik Baru

MU dikabarkan bisa kehilangan kesempatan lolos ke Liga Champions jika Sir Jim Ratcliffe menjadi pemilik baru. Sebab, MU bakal bertabrakan dengan Nice, yang juga dimiliki Ratcliffe, sehingga terbentur aturan kepemilikan ganda.

Liputan6.com, Manchester - Sir Jim Ratcliffe merupakan salah satu calon pembeli yang ingin mengambil alih Manchester United dari tangan Glazer. Miliarder Inggris itu telah mengajukan penawaran yang sudah direvisi untuk raksasa Old Trafford pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sir Jim Ratcliffe telah memiliki klub Ligue 1, OGC Nice. Tetapi, kepemilikannya atas Le Gym yang mungkin akan mempersulit raksasa Liga Inggris tersebut.

ESPN melaporkan bahwa Ratcliffe mungkin akan dipaksa untuk menjual sahamnya di Nice jika menjadi pemilik baru MU. Kedua klub Eropa ini bisa bertabrakan untuk memperebutkan tempat kualifikasi Liga Champions di liga masing-masing karena aturan kepemilikan ganda.

Klub yang finis lebih tinggi di liga masing-masing akan mengambil tempat mereka di kompetisi klub elit Eropa itu. Itu berarti Manchester United bakal kehilangan kesempatan bermain di Liga Champions bila finis di urutan keempat Liga Inggris dan Nice menempati tiga besar Ligue 1 Prancis.

Hal ini berkaitan dengan Pasal 5 dari peraturan kompetisi klub UEFA mengenai integritas kompetisi dan kepemilikan multi-klub. Aturan tersebut melarang dua tim yang dikendalikan oleh orang atau grup yang sama untuk berkompetisi di kompetisi yang sama.

Man Utd saat ini di peringkat ketiga klasemen Liga inggris, dengan keunggulan tiga poin dari Newcastle United yang berada di urutan kelima. Sementara Nice di urutan ketujuh di Ligue 1, tertinggal 10 angka dari tim peringkat ketiga, AS Monaco.

Peraturan ini kemungkinan tak akan terwujud untuk musim depan karena Ratcliffe belum dikonfirmasi sebagai pemilik baru Setan Merah. Namun, para penggemar bakal terus memperhatikan perkembangan yang terjadi dengan adanya potensi masalah kualifikasi Liga Champions yang akan muncul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ide Gila Thomas Zilliacus

Thomas Zilliacus tertarik menjadi pemilik baru Manchester United. Taipan asal Finlandia tersebut sudah punya rencana gila untuk bisa melengserkan keluarga Glazer dari Old Trafford sesegera mungkin.

Seperti diketahui, MU bakal dijual keluarga Glazer. Pengumuman penjualan MU sudah dilakukan sejak November 2022. Tetapi, proses pergantian pemilik menemui jalan terjal sehingga keluarga Glazer masih berkuasa hingga akhir Maret 2023.

Sebenarnya sudah banyak yang tertarik membeli MU dari keluarga Glazer. Penawaran resmi juga sudah diajukan. Tapi, proposal yang masuk masih di bawah yang diminta keluarga Glazer, yaitu senilai 6 miliar pound.

Melihat sulitnya ini, Zilliacus mencetuskan ide gila. Dia ingin mengajak Sir Jim Ratcliffe, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, dan para peminat lainnya untuk berkoalisi.

Zilliacus meminta Sheikh Jassim dan Ratcliffe tidak usah perang harga. Dia mengajak para peminat MU bersatu padu mengajukan satu penawaran bersama.

"Perang penawaran tidak menguntungkan siapa pun kecuali keluarga Glazer. Saya telah menghubungi Sheikh Jassim dan Sir Jim untuk mencoba bergabung dan menunggu kabar," kata Zilliacus kepada The Sun pada Sabtu (25/3/2023) lalu.

 

3 dari 4 halaman

Menekan Keluarga Glazer

Zilliacus membantah ingin berkoalisi karena tak memiliki dana yang cukup untuk memiliki MU. Tawaran koalisi dimunculkan Zilliacus untuk menekan habis keluarga Glazer agar tak semena-mena menentukan harga penjualan MU.

"Saya memiliki modal untuk mengambil alih klub sendiri, tapi saya tidak dalam perjalanan ego ini. Saya sangat percaya bahwa dengan cara ini kita dapat menyepakati harga yang masuk akal, karena saya percaya 6 miliar pound terlalu tinggi," kata Zilliacus.

"Maka miliaran ekstra yang akan kita keluarkan masing-masing untuk satu tawaran dapat digunakan untuk berinvestasi di klub. Dari sudut pandang klub dan fans, akan jauh lebih baik memiliki tiga pemilik yang berdedikasi dengan dukungan finansial yang kuat untuk mengembangkan klub," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Sir Jim Ratcliffe

  • Berita Bola