Sukses

Marcel Sabitzer Moncer di Timnas Austria, Ralf Rangnick Puji Peran Manajer MU

Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag mendapat pujian dari Ralf Rangnick yang saat ini menukangi Timnas Austria. Ia menilai Ten Hag punya peran penting di balik meningkatnya kepercayaan diri Marcel Sabitzer, sehingga mampu tampil moncer bersama negaranya di level internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Manchester United (MU) Erik ten Hag dapat pujian dari Ralf Rangnick yang menukangi Timnas Austria. Juru taktik berusia 64 tahun itu menyiratkan Ten Hag punya peran penting di balik moncernya performa Marcel Sabitzer di level internasional.

Seperti diketahui, Sabitzer sejatinya merupakan rekrutan kepepet MU di bursa  transfer Januari lalu. Pesepak bola kelahiran 1994 didatangkan dari Bayern Munchen dengan status pinjaman untuk jadi pengganti Christian Eriksen yang dihantam cedera.

Sabitzer secara mengejutkan mampu tampil cukup baik di bawah asuhan Erik ten Hag. Eks penggawa RB Leipzig ini baru saja sukses menyumbangkan gol pertamanya bagi Setan Merah dalam laga perempat final Piala FA melawan Fulham pada Minggu (19/3/2023).

Kinerja apik Sabitzer rupanya berlanjut dengan Timnas Austria di jeda internasional. Pemain 29 tahun itu dua kali membukukan namanya di papan skor kala Austria menang 4-1 atas Azerbaijan dalam matchday pertama kualifikasi Grup F Euro 2024, Sabtu (25/3/2023).

Capaian ini membuat Rangnick melontarkan pujian bagi sang pemain sekaligus manajernya di Man Utd. Sosok yang sempat menukangi Setan Merah pasca pemecatan Ole Gunnar Solskjaer itu menilai Sabitzer mampu bermain lebih percaya diri saat ditangani oleh Ten Hag.

“Dia (Marcel Sabitzer) jauh lebih percaya diri dibanding saat masih bermain di Bayern Munchen,” tutur Rangnick pasca kemenangan timnya, seperti dilansir dari Metro.

“Tidak ada yang buruk dalam pertandingan ini, tetapi Anda boleh mengatakan bahwa Sabi menjadi faktor pembeda dengan mencetak dua gol dan memberi satu assists (bagi Timnas Austria di laga kontra Azerbaijan),” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Performa Marcel Sabitzer di MU

Sekadar informasi, Sabitzer sejauh ini telah tampil dalam sembilan pertandingan bersama MU di semua kompetisi, dengan lima di antaranya tersaji di Liga Inggris.

Pemain pinjaman dari Bayern Munchen itu juga berpotensi memainkan peran vital di lini tengah Setan Merah dalam laga-laga mendatang, mengingat Casemiro masih akan melewatkan tiga pertandingan akibat kartu merah yang didapat saat MU bermain imbang dengan Southampton.

Erik ten Hag sendiri tak menampik bahwa keberadaan Sabitzer menjadi faktor penting dalam skuad racikannya. Ia juga bersyukur sang pemain mampu cepat kembali ke lapangan hijau setelah sempat dilanda cedera pada awal Maret.

“Dia (Sabitzer) tampil luar biasa (bersama MU). Kami senang dia kembali dari cedera,” tutur Ten Hag usai menyaksikan kemenangan timnya atas Fulham di kompetisi Piala FA pekan lalu.

“Kami akan memainkan pertandingan tiga hari sekali mulai saat ini sampai akhir musim. Jadi kami membutuhkan sebanyak mungkin pemain yang fit,” sambung juru taktik berkepala plontos, seperti dikutip dari Metro.

3 dari 5 halaman

Ancaman Thomas Tuchel

Sayangnya, meski menyukai performa Sabitzer, MU terancam tak bisa mempermanenkan sang pemain di musim panas mendatang. Kehadiran Thomas Tuchel sebagai manajer baru Bayern Munchen berpotensi membuat rencana Setan Merah berantakan.

Seperti diketahui, eks manajer Chelsea itu baru saja ditunjuk menggantikan Julian Nagelsmann sebagai pelatih anyar Die Roten. Tuchel kabarnya disodori kontrak yang membuatnya mengabdi di Allianz Arena hingga musim panas 2025.

Jurnalis pakar transfer Fabrizio Romano menilai pergantian pelatih Munchen bakal turut merepotkan Setan Merah. Pasalnya, Tuchel diprediksi tak akan membiarkan Marcel Sabitzer pindah permanen ke Old Trafford.

4 dari 5 halaman

Tak Punya Opsi Mempermanenkan Sabitzer

MU sejak awal memang tak punya opsi mempermanenkan Sabitzer saat meminjamnya dari Bayern Munchen. Namun, performa gemilang sang pemain membuat Setan Merah konon berencana menjadikan Sabitzer pemain MU sepenuhnya pada musim panas.

Klub besutan Erik ten Hag menilai jasa Sabitzer masih dibutuhkan di Old Trafford. Pemain internasional Austria diharapkan dapat menjadi pelapis Christian Eriksen yang nyaris pulih, sekaligus menggantikan peran Scott McTominay yang hendak disepak dari MU.

“Marcel Sabitzer, sangat senang dengan pengalaman bersama MU. Sang pemain akan senang tinggal bersama Erik ten Hag. (Akan tetapi) kesepakatan pinjaman (untuk Sabitzer) tidak mencakup opsi pembelian,” tutur Romano.

“(Situasi) itu akan bergarntung pada Bayern... dan (pelatih barunya) Tuchel sekarang. Babak Sabitzer dengan Nagelsmann di Bayern sudah berakhir. Waktu pengambilan keputusan (untuk menentukan nasib Sabitzer) akan jatuh sekitar Mei atau Juni,” sambungnya.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.