Sukses

Hasil Kualifikasi Euro 2024: Spanyol Hajar Norwegia

Spanyol sukses menang besar ketika menjamu Norwegia di laga perdananya pada Kualifikasi Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Spanyol mengawali Kualifikasi Euro 2024 dengan sangat baik. La Furia Roja sukses menang besar tiga gol tanpa balas ketika berjumpa dengan Norwegia di Stadion La Rosaleda, Minggu (26/3/2023) dini hari WIB.

Kemenangan ini menjadi debut baik bagi pelatih Spanyol Luis de la Fuente yang menggantikan Luis Enrique usai kegagalan di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Spanyol kini memuncaki klasemen Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan koleksi tiga poin, sama dengan perolehan Skotlandia yang menang 3-0 juga atas Siprus. Norwegia sendiri terpuruk di posisi empat.

Main di kandang sendiri, Spanyol langsung menekan Norwegia dimotori Gavi dan Dani Olmo Keputusan Spanyol langsung mengempur Norwegia sangat tepat. Mereka mampu unggul cepat pada menit 13.

Bek kiri Alejandro Balde melakukan penetrasi dan diakhiri dengan umpan silang yang memudahkan Dani Olmo untuk memperdaya kiper Norwegia Orjan Nyland.

Norwegia coba bangkit dan menekan Spanyol setelah tertinggal di awal laga. Sebuah peluang emas didapat pada saat laga berjalan setengah jam. Fredik Aursnes melepaskan tendangan voli yang memaksa kiper Spanyol David de Gea jatuh bangun menepisnya.

Spanyol kembali menguasai permainan di sisa babak pertama. Tapi tidak ada gol lagi yang tercipta sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Spanyol vs Norwegia

Lima menit usai jeda, Spanyol hampir menambah gol jika saja sundulan Iago Aspas tidak tepat ke tangkapan Nyland.

Spanyol mengubah lini depan di menit akhir dengan memasukkan Fabian Ruiz dan Joselu. Hasilnya sangat efektif. Joselu mampu menghadirkan mimpi buruk bagi Norwegia.

Di menit 84 Spanyol menggandakan skor menjadi 2-0 melalui sundulan akurat dari Joselu yang meneruskan umpan silang dari Fabian Ruiz.

Satu menit berselang Spanyol mengakhiri perlawanan Norwegia berkat gol kedua Joselu. Kali ini Joselu menyambar bola liar umpan Mikel Oryazabal yang sempat membentur pemain Norwegia. Skor 3-0 bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Spanyol vs Norwegia

Spanyol: Kepa; Carvajal, Nacho, Laporte, Balde; Rodri, Merino (Ruiz 81'); Olmo (Pino 67'), Iago Aspas (Ceballos 58'), Gavi (Oyarzabal 58'), Morata (Joselu 81').

Norwegia: Nyland; Pedersen (Ryerson 74'), Strandberg, Ostigard, Meling (Bjørkan 74'); Odegaard, Berg, Aursnes; Berge (Solbakken 74'), Sorloth (Brynhildsen 86'), Elyounoussi (Larsen 74').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.