Sukses

Asnawi Mangkualam Tak Puasa Ramadhan Jelang Timnas Indonesia vs Burundi di FIFA Matchday

Liputan6.com, Jakarta - Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam mengaku bakal melewatkan puasa Ramadhan saat memperkuat Skuad Garuda pada FIFA Matchday kontra Burundi, Sabtu (25/3/2023).

Hal ini dilakukan demi menjaga stamina tubuh agar bisa menyajikan penampilan maksimal bersama tim racikan Shin Tae-yong.

“Persiapan (Timnas Indonesia) tentunya sangat baik, dan untuk saat ini kita juga masih menjalankan ibadah puasa karena latihannya (dilakukan pada) malam hari,” tutur Asnawi dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan Indonesia vs Burundi di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

“Mungkin di pertandingan besok kita tidak berpuasa karena memang sangat penting untuk menjaga tubuh supaya bisa memberikan pertandingan yang maksimal. Tentunya tubuh juga butuh energi banyak di pertandingan,” tambahnya.

Sekadar informasi, Shin Tae-yong memanggil total 28 nama, termasuk Asnawi Mangkualam, untuk memperkuat skuadnya di FIFA Matchday Maret melawan Burundi.

Sayangnya, Shayne Pattynama yang turut masuk dalam daftar pemanggilan tak bisa melakoni debut bersama Skuad Garuda. Pasalnya, proses pemindahan federasinya dari KNVB ke PSSI belum tuntas.

Adapun latihan perdana Timnas Indonesia digelar oleh Shin Tae-yong di Stadion PTIK, Jakarta, pada Senin (20/3/2023) lalu. Namun, komposisi pemain Timnas Indonesia kala itu masih tak lengkap lantaran sejumlah penggawa belum bergabung ke Skuad Garuda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapat Shin Tae-yong

Sebelumnya, Shin Tae-yong juga pernah menyinggung perihal puasa Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday Maret 2023. Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai penting bagi para pemain untuk makan dan minum tepat waktu saat hendak melakoni laga.

Oleh sebab itu, ia mengaku ingin berdiskusi dengan pemuka agama serta anak-anak asuhnya terkait puasa. Hal ini dilakukan guna memastikan apakah para pemain Timnas Indonesia boleh mengganti puasa di periode setelah Ramadan.

“Puasa memang agak sulit buat saya karena para pemain harusnya bisa makan tepat waktu. Kalau tanpa makan, tetapi harus lari dan bertanding, itu agak sulit buat pemain,” tutur Shin Tae-yong saat ditemui di sela-sela latihan Timnas Indonesia yangdihelat di Stadion PTIK pada Senin (20/3/2023).

“Jadi saya harus koordinasi dulu dengan pemuka agama dan pemain supaya bisa fokus saat pertandingan. Maksudnya, kita tetap makan tanpa puasa, (kemudian) mungkin di hari-hari yang tidak puasa, (momen batal itu) bisa diganti, setelah periode puasa,” sambung dia.

3 dari 3 halaman

Pertandingan Penting

Sebagai informasi, Timnas Indonesia bakal dua kali menghadapi Burundi di FIFA Matchday. Pertandingan pertama dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (25/3/2023), sementara laga kedua bakal dihelat pada Selasa (28/3/2023).

Asnawi mengeklaim FIFA Matchday merupakan momen penting bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, perhelatan tersebut bisa menjadi sarana bagi skuad racikan Shin Tae-yong untuk mendongkrak ranking FIFA.

“Besok tentunya sangat penting karena kita tahu ini adalah A match untuk mengejar peringkat FIFA. Kita harus memberikan kemenangan untuk pertandingan besok,” ujarnya dalam sesi konferensi pers pada Jumat (24/3/2023).

“Tentunya para pemain dalam kondisi yang baik. Semua pemain juga sudah berkumpul dengan skema yang diberikan. Kita akan berikan pertandingan yang menarik untuk besok,” pungkas Asnawi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.