Sukses

Jelang FIFA Matchday Kontra Burundi, Shin Tae-yong Bicara soal Finishing Timnas Indonesia

Skuad Garuda Shin Tae-yong angkat bicara soal kemampuan finishing Timnas Indonesia jelang melakoni duel kontra Burundi di FIFA Matchday pada Sabtu (25/3/2023) dan Selasa (28/3/2023) mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal melakoni dua laga FIFA Matchday kontra Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023) dan Selasa (27/3/2023).

Jelang menghadapi duel tersebut, pelatih Skuad Garuda Shin Tae-yong angkat bicara soal kemampuan finishing Timnas Indonesia.

Ia menilai masalah yang kerap menjadi bahan kritik Skuad Garuda itu bukan hanya merupakan tanggung jawab staf pelatih timnas. Malahan, perkara finishing juga dipandang sebagai PR klub yang berkewajiban melakukan pembinaan pemain sejak usia dini.

“Kemampuan finishing pemain menurun bukan karena (ada) pelatih yang meninggalkan timnas. Kalau saya melihat, masalahnya di pembinaan usia dini,” tutur Shin tae-yong saat menghadiri konferensi pers pra pertandingan di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

“Dari usia dini, (para pemain) memang harus belajar banyak dan meningkatkan kemampuan finishing. Itu yang jadi masalah saat ini,” sambung juru taktik yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan tersebut.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga menyoroti kebiasaan klub yang kerap memakai jasa pemain asing demi mengantisipasi rendahnya kualitas finishing di lini depan.

Padahal menurut sang pelatih, masalah tersebut harusnya bisa diselesaikan dari akar, yakni dengan memberikan latihan finishing yang maksimal sejak pemain menginjak usia dini.

“Di klub pun sama saja. Pastinya untuk posisi striker dan stopper itu bisa jadi masalah, (sehingga) banyak yang menggunakan pemain asing,” tuturnya.

“Untuk meningkatkan kemampuan finishing para pemain timnas, harus dari usia dini. Harus ada perkembangan dulu di usia dini, baru di timnas tidak ada kata finishing kita kurang.”

“Apalagi di timnas tidak ada banyak waktu untuk memperbaiki segala sesuatu, khususnya (dalam hal) finishing. Jadi harus dari klub yang berusaha untuk mencari solusi untuk masalah finishing ini,” tandas Shin Tae-yong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Pemain Timnas Indonesia

Terlepas dari persoalan finishing, Shin Tae-yong mengeklaim pemain Timnas Indonesia saat ini berada dalam kondisi baik. Seluruh proses persiapan dan latihan juga berjalan lancar.

Skuad Garuda pun diharapkan dapat menunjukkan performa maksimal saat menjamu Burundi dalam ajang FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (25/3/2023) dan Selasa (28/3/2023) mendatang.

“Para pemain kondisinya sangat baik. Mulai dari Senin, kami menjalani TC dan Selasa baru mulai latihan normal. Sampai saat ini (semuanya berjalan) lancar, persiapan pun baik,” ujar Shin Tae-yong saat jumpa pers.

“Kalau melihat kondisi para pemain, saya percaya Timnas indonesia bisa menunjukkan yang terbaik untuk pertandingan besok,” pungkas pelatih Skuad Garuda.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Berikut daftar nama pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam perhelatan FIFA Matchday pada 25 dan 28 Maret 2023.

  1. Nadeo Argawinata
  2. Syahrul Tisna
  3. Daffa Fasya
  4. Elkan Baggott
  5. Jordi Amat
  6. Fachruddin Aryanto
  7. Rizky Ridho
  8. Rachmat Irianto
  9. Muhammad Ferarri
  10. Hansamu Yama
  11. Asnawi Mangkualam
  12. Edo Febriansah
  13. Doni Tri Pamungkas
  14. Pratama Arhan
  15. Yance Sayuri
  16. Yakob Sayuri
  17. Ricky Kambuaya
  18. Marc Klok
  19. Syahrian Abimanyu
  20. Stefano Lilipaly
  21. Witan Sulaeman
  22. Riko Simanjuntak
  23. Dzaky Asfraf
  24. Shayne Pattynama*
  25. Saddil Ramdani
  26. Ramadhan Sananta
  27. Dendy Sulistyawan
  28. Dimas Drajad

*) tidak bisa tampil lantaran proses pemindahan federasi ke Indonesia belum tuntas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.