Sukses

Profil Israel, Peserta Piala Dunia U-20 2023: Sempat Mencoba Lolos dari Amerika Selatan dan Oseania

Israel jadi salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023. Mereka lolos sebagai salah satu dari lima wakil Eropa. Ini adalah penampilan perdana Israel di Piala Dunia U-20.

Liputan6.com, Jakarta - Israel jadi salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023. Mereka lolos sebagai salah satu dari lima wakil Eropa.

Ini adalah penampilan perdana Israel di Piala Dunia U-20. Pasukan Ofir Haim jadi salah satu debutan yang mengikuti ajang tersebut. Hingga berita ini ditulis, muka anyar lain adalah Republik Dominika

Perjalanan Israel menuju Piala Dunia U20 2023 panjang dan berliku. Seperti tim senior, sepak terjang Israel U-20 juga mengalami penolakan karena geopolitik. Mereka sempat berkompetisi di Asia dan mendominasi. Catatan enam gelar dalam sembilan partisipasi di Piala Asia U-19 periode 1964-1972 merupakan buktinya.

Setelahnya Asia menolak mereka. Israel otomatis terombang-ambing. Mereka tidak punya akses untuk berkompetisi. Dalam situasi ini, Israel sampai mengikuti Kejuaraan Oseania hingga Amerika Selatan agar bisa lolos ke Piala Dunia U20.

Sampai akhirnya Israel diterima masuk UEFA pada 1992. Meski begitu, keberadaan jalur tersebut tidak lekas membuat langkah Israel menuju Piala Dunia U-20 langsung mulus.

Lihat saja, Israel baru bisa lolos ke ajang tersebut setelah melakukan 29 percobaan di Piala Eropa U-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sukses Kejutkan Prancis

Piala Eropa U-19 2022 adalah percobaan ke-29 Israel menuju turnamen utama sejak masuk UEFA pada 1992. Dalam 28 partisipasi sebelumnya, mereka juga cuma lolos dua kali pada 1997 dan 2014.

Di dua momen tersebut, Israel langsung tersingkir sejak fase grup dan gagal meraih kemenangan. Maka, kinerja mereka pada turnamen di Slovakia tahun lalu sebenarnya mengejutkan. Pasalnya, Israel tidak punya sejarah untuk bicara banyak.

Usai mengatasi Siprus dan Moldova demi mendampingi Belanda lolos kualifikasi, Israel dihadapkan dengan Hungaria, Skotlandia, dan Turki pada fase berikutnya. Mereka keluar sebagai juara grup sehingga lolos turnamen utama.

Di Piala Eropa U-19 2022, Israel berada satu grup bersama Inggris, Serbia, dan Austria. Mereka bisa mengatasi tantangan dan unggul satu angka atas Austria demi menjadi runner-up di bawah Inggris.

Torehan tersebut cukup untuk membawa Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Namun, mereka tidak puas dan melanjutkan kejutan. Israel sukses menyisihkan Prancis di semifinal sebelum merepotkan Inggris pada laga puncak. Mereka akhirnya takluk 1-3 melalui perpanjangan waktu.

 

3 dari 3 halaman

Bintang Israel di Piala Dunia U-20 2023

Mayoritas pemain Israel U-20 masih berkarier di negeri sendiri. Hanya ada beberapa pengecualian, salah satunya Oscar Gloukh.

Beroperasi di lini tengah, Gloukh menjadi top skor Israel pada Piala Eropa U-19 2022 dengan torehan tiga gol. Salah satunya diciptakan ke gawang Inggris di laga puncak.

Beroperasi sebagai gelandang serang, Gloukh sudah membela tim senior Maccabi Tel Aviv sejak 2021. Penampilan konsisten di sana berbuah transfer baru-baru ini. Dia direkrut Red Bull Salzburg asal Austria di bursa transfer Januari 2023.

Talenta dan kinerja yang dimiliiki Gloukh pun meyakinkan pelatih timnas senior Alon Hazan untuk memanggilnya. Dia sudah tampil di dua persahabatan melawan Zambia dan Siprus, plus mencetak satu gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.