Sukses

Chelsea Kembali Telan Kekalahan di Liga Inggris, Graham Potter Siap Tanggung Jawab

Menanggapi kekalahan atas Spurs di Liga Inggris, juru taktik Chelsea, Graham Potter mengaku bertanggung jawab atas rentetan hasil buruk yang diperoleh timnya.

Liputan6.com, Jakarta - Chelsea kembali harus menelan kekalahan di tangan rival sekotanya, Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (26/2/2023). The Blues takluk 0-2 akibat gol Oliver Skipp (46') dan Harry Kane (82').

Hasil ini mengukuhkan rekor tanpa kemenangan selama bulan Februari bagi pasukan Graham Potter.

Menanggapi kekalahan atas Spurs, Potter mengaku bertanggung jawab atas rentetan hasil buruk yang diperoleh Chelsea. Potter menyadari bahwa apa yang ia lakukan selama ini di Chelsea tidak cukup untuk mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari para penggemar.

“Jika hasilnya tidak cukup baik, seperti yang terjadi belakangan ini, anda tidak dapat mengharapkan dukungan selalu diberikan,” kata Potter dalam sesi wawancara usai laga kontra Spurs.

“Saya sepenuhnya bertanggung jawab untuk hasil tersebut dan saya sadar itu tidak cukup baik bagi Chelsea. Tentu saja kami ingin memperbaikinya. Tugas saya adalah terus maju, terus bekerja dengan tim untuk mengubah nasib. Ini adalah momen yang sulit bagi kami,” tambah Potter.

Ketika ditanya apakah pemilik Chelsea, Todd Boehly akan berhenti mendukungnya setelah kekalahan tersebut, Potter menjawab jika ia akan menerima apapun keputusan bosnya itu.

“Pertanyaan itu selalu muncul tentu saja dan anda tidak dapat menghentikan pertanyaan yang datang. Sementara hasilnya seperti itu maka saya menerimanya. Itu adalah bagian dari pekerjaan,” ujar Potter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mirip Mikel Arteta dan Jurgen Klopp

Lebih lanjut lagi, Potter mengungkapkan jika ia menilai situasinya saat ini mirip dengan apa yang dialami Mikel Arteta dan Jurgen Klopp di Arsenal dan Liverpool. Pria berusia 47 tahun tersebut merasa baik Arteta maupun Klopp ketika masa awal kepelatihannya di Inggris sama-sama pernah ada di posisi yang sama dengannya.

“Sebelum pertandingan, kami membicarakan tentang film dokumenter Arsenal All or Nothing. Dua tahun setelah Mikel (Arteta) memegang kendali, ia hampir dipecat dan para penggemar menginginkannya keluar. Dan sekarang, banyak hal telah berubah mengenai situasinya,” tutur Potter. “Jika Anda melihat situasi Jurgen, mereka belum mendapatkan hasil dan tiba-tiba orang ingin ia keluar.”

Eks pelatih Brigton Hove & Albion tersebut menyadari situasinya saat ini dan ia menegaskan keinginannya untuk fokus membantu tim. “Jelas saya belum memberikan banyak bagi klub ini untuk mendapatkan banyak kepercayaan dari para penggemar, saya menerimanya. Tugas saya adalah untuk fokus membantu tim dan mendukung para pemain,” tegas Potter.

3 dari 4 halaman

Rekor yang Tak Dapat Dipertahankan

Chelsea sebelumnya merupakan satu-satunya tim yang memegang rekor 100 persen kemenangan atas Spurs ketika bermain di kandang The Lilywhites. Namun, Graham Potter dan pasukannya gagal mempertahankan rekor tersebut ketika harus menelan kekalahan kala menghadapi Spurs pada pekan ke-25 Liga Primer.

Skuad racikan Antonio Conte berhasil membungkam tim tamu melalui gol Oliver Skipp (46’) dan Harry Kane (82’). Kemenangan ini berhasil memperlebar jarak dengan Newcastle United dan mengokohkan posisi sementara Spurs di urutan ke-4 Liga Inggris dengan 45 poin.

Sementara itu, The Blues masih belum bisa meraih kemenangan dari 10 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi. Anak asuh Graham Potter tersebut hanya mampu mencatatkan tiga kali hasil imbang dan menelan tujuh kekalahan. Saat ini Chelsea juga menjadi tim di Liga Primer yang paling sedikit mencetak gol sejak awal bulan November 2022.

4 dari 4 halaman

Skuad Mewah Bukan Jaminan

Chelsea merupakan tim yang paling banyak menghabiskan untuk membeli pemain pada musim ini. Total The Blues telah menghabiskan 600 juta pound dalam dua bursa transfer terakhir. Namun, skuad mewah yang dimiliki Graham Potter saat ini ternyata bukan jaminan bagi timnya untuk dapat memberikan penampilan bagus.

Kekalahan atas Spurs semalam menandakan tiga kekalahan beruntun bagi Chelsea. Selain itu, dari 16 pertandingan Liga Primer di bawah arahannya, Potter hanya mampu meraih dua kemenangan. Bahkan, meski saat ini opsi lini serang yang dimiliki Chelsea segudang, mereka hanya mampu memproduksi empat gol di sepanjang tahun 2023 berjalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Graham Potter adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola profesional asal Inggris, yang kini menjadi kepala pelatih Chelsea.

    Graham Potter

  • Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris
    Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris

    Tottenham Hotspur

  • Harry Kane adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang sekarang membela Tottenham Hotspur
    Harry Kane adalah pemain sepak bola Profesional asal Inggris yang sekarang membela Tottenham Hotspur

    Harry Kane

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Todd Boehly