Sukses

Hasil BRI Liga 1 Persebaya vs PSM Makassar: Bajul Ijo Dipermalukan Juku Eja di Kandang Sendiri

Persebaya Surabaya gagal meraup poin penuh dalam laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2022/2023. Bajul Ijo kalah tipis 0-1 dari PSM Makassar kala bertanding di Stadion Gelora Joko Samudro, pada Jumat (24/2/2023) sore WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Persebaya Surabaya gagal meraup poin penuh dalam laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2022/2023. Bajul Ijo dipermalukan oleh tamunya, PSM Makassar, usai kalah 0-1 di Stadion Gelora Joko Samudro, Jumat (24/2/2023) sore WIB.

Hasil ini membuat Persebaya terkunci di peringkat tujuh klasemen sementara BRI Liga 1 dengan torehan 37 poin dari 24 pertandingan. Sementara itu, Juku Eja masih kokoh bertengger di puncak tabel setelah mengoleksi 56 poin dari 26 laga.

PSM Makassar tampil tak malu-malu sejak awal babak pertama. Yakob Sayuri langsung mencoba mengancam gawang Persebaya di menit ke-2. Malang, tendangan keras yang dilepaskannya masih melenceng dari jaring.

Kesempatan lain beberapa kali menghampiri Juku Eja. Akan tetapi, belum ada satu pun yang mampu dikonversi menjadi gol hingga pertandingan berjalan lebih dari 20 menit. Sejumlah peluang sepak pojok juga gagal dimanfaatkan dengan maksimal.

Jalan buntu turut dihadapi oleh Persebaya Surabaya. Anak-anak asuh Aji Santoso mampak kesulitan membalas ancaman yang ditebar PSM Makassar. Bajul Ijo terus-terusan gagal menembus lini pertahanan tim tamu.

Memasuki menit ke-36, Ze Valente akhirnya mendapat ruang untuk membahayakan gawang PSM Makassar. Ia mencoba peruntungan dengan melakukan placing. Namun, si kulit bundar yang dikirimnya masih melebar di sisi kanan tiang gawang Juku Eja.

Bajul Ijo belum jemu melancarkan upaya di area pertahanan PSM. Ze Valente kembali melakukan crossing di menit ke-40, tetapi aksinya segera dihalau oleh Yuran Fernadnes.

Memasuki menit 41, giliran Januar Eka yang nyaris menjebol gawang Juku Eja setelah menerima umpan dari Alta Ballah. Sayang, finishing-nya kurang sempurna, sehingga bola gagal bersarang di jaring yang dikawal Reza Arya Pratama.

Situasi belum berubah mendekati turun minum. Persebaya dan PSM sama-sama tak kuasa menembus pertahanan masing-masing. Alhasil, skor sementara 0-0 bertahan hingga jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Kedua kubu melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Persebaya menurunkan Sho Yamamoto dan Paulo Victor untuk mengambil alih posisi Denny Agus serta Januar Eka. Sementara itu, PSM Makassar mengirim Safrudin Tahar sebagai pengganti Agung Mannan.

Langkah ini tak langsung menciptakan perubahan signifikan di lapangan hijau. Bajul Ijo dan Juku Eja masih bermain dalam tempo sedang hingga laga memasuki menit 55.

Persebaya akhirnya mendapat kesempatan lagi di menit ke-70. Paulo Victor mencoba melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Akan tetapi, lesakannya masih terlalu lemah, sehingga mudah diamankan oleh Reza Arya Pratama.

Justru PSM yang berhasil membuat kejutan lewat aksi Everton semenit berselang. Bola yang dikirim pemain berusia 29 tahun itu salah diantisipasi oleh Alwi Slamat.

Si kulit bundar berbelok arah lantaran mengenai kaki penggawa Persebaya, sebelum menembus gawang Andhika Ramadhani. Skor sementara pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Persebaya mencoba mengejar ketertinggalan. Ze Valente menciptakan peluang baru bagi Bakul Ijo usai lepas dari jebakan off-side di menit 81. Sayang, Paulo Victor gagal menyelesaikan upaya tersebut. Bola dengan cepat mampu diamankan oleh kiper PSM.

Tim tuan rumah kehabisan waktu. Tak ada gol penyeimbang yang mampu dibuat oleh Persebaya Surabaya hingga pengujung laga. Skuad asuhan Aji Santoso akhirnya harus mengakui keunggulan lawan usai kalah 1-0 dari tamunya.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Andhika Ramadhani; Koko Ari Araya, Rizky Ridho, Leo Lelis, Altalariq Ballah; Andre Oktaviansyah, Muhammad Alwi Slamat, Risky Dwiyan; Denny Agus, Januar Eka Ramadhan, Ze Valente

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan, Rizky Eka Pratama; Yakob Sayuri, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu; Ramadhan Sananta

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.