Sukses

Hasil BRI Liga 1: Tumpas Tim Papan Bawah, Persib Bandung dan PSM Makassar Lanjutkan Persaingan

Persib Bandung kembali ke jalur kemenangan pada BRI Liga 1 2022/2023 dengan menaklukkan Rans Nusantara 3-1 di Stadion Pakansari, Minggu (19/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung kembali ke jalur kemenangan pada BRI Liga 1 2022/2023. Ditaklukkan PSM Makassar pada pertandingan sebelumnya, mereka bangkit  dengan menaklukkan Rans Nusantara 3-1 di Stadion Pakansari, Minggu (19/2/2023).

David da Silva membawa Persib unggul di menit ke-7 melalui penalti. Tendangan 12 pas diberikan wasit setelah penyerang asal Brasil itu dilanggar di kotak terlarang.

Pada menit ke-35, giliran kompatriotnya CIro Alves yang mencatatkan nama di papan skor. Dia menggandakan keunggulan Pangeran Biru meneruskan umpan Marc Klok.

Persib mempertahankan tekanan selepas jeda. Hasilnya, mereka memperbesar keunggulan setelah Finky Pasamba membuat gol bunuh diri di menit ke-54.

Rans Nusantara bisa memperkecil kedudukan melalui Yanis Mbombo ('60). Namun, mereka gagal menambah gol sehingga harus menderita kekalahan kelima secara beruntun.

Kemenangan ini membawa Persib menyalip Persija Jakarta. Duduk di peringkat dua Liga 1 dengan 49 poin, mereka menjaga jarak empat angka dari pemuncak tabel PSM Makassar.

Persib setelahnya menghadapi Arema FC, Kamis (23/2/2023). Sementara Rans Nusantara meladeni Persik Kediri di hari yang sama.

 

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama Persib Bandung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah David Da Silva dilanggar oleh Muhammad Tahir di kotak terlarang Rans.

David Da Silva yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya membuat kiper Rans Wawan Hendrawan mati langkah sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-7.

Persib menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-35 setelah umpan terukur Marc Klok mampu dimaksimalkan menjadi gol oleh Ciro Alves melalui tendangan keras yang tak diduga oleh Wawan Hendrawan.

Pada sisa waktu babak pertama, Persib tetap mendominasi jalannya pertandingan, namun hingga turun minum skor 2-0 untuk keunggulan Maung Bandung tetap bertahan.

Pada babak kedua, skuad asuhan Luis Milla tidak menurunkan intensitas menyerang mereka dan hal tersebut membuahkan hasil ketika Persib mampu mencetak gol ketiganya.

Berawal dari umpan silang Rezaldi Hehanussa, bola yang tidak dapat dihalau dengan baik oleh Finky Pasamba, sehingga mengakibatkan gol bunuh diri yang membuat skor menjadi 3-0 pada menit ke-54.

Tertinggal tiga gol, Rans tidak tinggal diam dan dapat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada menit ke-70, ketika umpan silang Edo Febriansah mampu disambut oleh sundulan Yanis Mbombo dan membobol gawang Persib yang dijaga oleh Teja Paku Alam.

Pada sisa waktu babak kedua, baik Persib dan Rans berusaha untuk menambah gol, akan tetapi hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor 3-1 untuk kemenangan tim tamu tetap bertahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSM Berjaya

Pada waktu bersamaan, PSM mengatasi Persik Kediri 2-1 di Gelora BJ Habibie. Yuran Fernandes membawa PSM unggul cepat di menit ketiga.

Namun, Persik bisa menyamakan skor lewat Renan da Silva lima menit sebelum jeda. Tuan rumah baru bisa memastikan kemenangan melalui Ramadhan Sananta di menit ke-66.

PSM sehabis ini bersua Persebaya Surabaya, Jumat (24/2/2023). Sementara Persik meladeni Rans Nusantara sehari sebelumnya.

 

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama PSM Makassar mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan berhasil unggul cepat pada menit ke-3 melalui sontekan bek Yuran Fernandes.

Berawal dari sepak pojok yang dikirimkan oleh Yance Sayuri, bola ditanduk oleh Wiljan Pluim dan mampu disambut Yuran yang membobol gawang Dikri Yusron sehingga skor berubah menjadi 1-0.

PSM terus menggempur lini pertahanan Persik, kali ini melalui tendangan Kenzo Nambu yang masih menyamping dari sisi kiri gawang Dikri Yusron.

Persik berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-40 ketika umpan dari Flavio Silva mampu disambut oleh sundulan Renan Silva yang membobol gawang dari Reza Arya Pratama. Skor sama kuat 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, tim tuan rumah tetap dominan dalam melancarkan serangan, salah satunya melalui upaya Yakob Sayuri yang masih dapat dihalau kiper Persik Dikri Yusron.

PSM memiliki peluang emas untuk kembali unggul, kali ini melalui tendangan bebas Wiljan Pluim yang masih melambung tipis di atas mistar gawang Persik.

Skuad asuhan Bernardo Tavares akhirnya mampu mencetak gol kemenangan pada menit ke-65 setelah umpan tarik dari Yakob Sayuri mampu dimaksimalkan menjadi gol oleh Ramadhan Sananta sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Pada sisa waktu babak kedua, PSM Makassar mampu mempertahankan keunggulan mereka sehingga skor 2-1 untuk tim tuan rumah tetap bertahan ketika peluit panjang berbunyi.

3 dari 3 halaman

Hasil Pekan Ini

Rabu, 15 Februari 2023

Madura United vs Persita Tangerang: 1-1

Kamis, 16 Februari 2023

Bhayangkara FC vs Persija Jakarta: 2-1

Borneo FC vs Persikabo 1973: 3-1

Jumat, 17 Februari 2023

PSIS Semarang vs Persis Solo: 1-1

PSS Sleman vs Dewa United: 1-3

Sabtu, 18 Februari 2023

Arema FC vs Barito Putera: 1-0

Bali United vs Persebaya Surabaya: 4-0

Minggu, 19 Februari 2023

PSM Makassar vs Persik Kediri: 2-1

Rans Nusantara vs Persib Bandung: 1-3 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.