Sukses

Ribuan Pemain Berbakat Bersaing Wakili Indonesia ke Gothia Cup 2023

Para pemain ini akan diseleksi Indra Sjafri sehingga nantinya terpilih 30 orang untuk mewakili Indonesia di Gothia Cup 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Antusiasme pemain sepak bola berbakat Indonesia itu bisa ikut turnamen usia dini ternama Gothia Cup 2023 sangat tinggi. Ada 1.056 pemain usia 12 & 13 tahun yang ikuti seleksi untuk mewakili Indonesia di Gothia Cup 2023 di turnamen Tays Bakers Barati Cup.

1.056 pemain ini tergabung dalam 64 tim peserta yang berasal dari 13 provinsi dan 1 negara ASEAN. Turnamen ini merupakan rangkaian kegiatan dari program Bangga Merah Putih (BARATI) Mendunia sekaligus seleksi tim Tays Bakers BARATI yang akan mengharumkan nama Indonesia di turnamen sepak bola remaja terbesar di dunia World Youth Cup Gothia Cup di Swedia pada bulan Juli 2023.

CEO BARATI Mendunia, Krisna Wisnu Marsis mengungkapkan turnamen ini merupakan sebuah tanggung jawab untuk berinvestasi terhadap masa depan talenta muda sepak bola.

“Melalui turnamen Tays Bakers Barati Cup ini, kami ingin ambil peran untuk mengembangkan generasi sepakbola ke depan dengan menyediakan platform untuk mendukung talenta terbaik negeri ini dalam mencapai potensi penuh mereka,” ungkap Krisna dalam keterangan tertulis, Jumat (17/2/2023).

Turnamen Tays Bakers Barati Cup dilaksanakan di Bali selama 3 hari dengan total 256 pertandingan di 8 lapangan. Pada hari pertama, tim akan dibagi menjadi 8 grup dimana masing-masing 4 tim akan bertanding satu sama lain dengan format round robin.

Kemudian di hari ke-2, tim akan di re-group sesuai dengan posisi klasemen di tiap grup pada hari pertama. Lalu di hari ke-3 akan dilaksanakan sistem gugur untuk menentukan juara turnamen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indra Sjafri

Seleksi akan dilakukan oleh Coach Indra Sjafri untuk memilih 30 pemain terbaik yang akan dipersiapkan selama 10 hari di Jakarta sebelum diberangkatkan ke Swedia.

“Tidak hanya persiapan teknis yang mencakup fisik dan skill, namun anak-anak ini nantinya akan dipersiapkan secara mental untuk perjalanan mereka ke Swedia,” tambah Krisna.

BARATI Mendunia adalah program inkubator talenta muda sepakbola dengan spirit nasionalisme yang bertujuan menciptakan wadah tempaan talenta pesepakbola usia dini yang profesional, menyenangkan, dan aman.

3 dari 3 halaman

Sejak 2022

Ini adalah kali kedua BARATI Mendunia mengirimkan tim ke turnamen internasional Gothia Cup di Swedia. Di tahun 2022, tim sukses meraih enam kemenangan dengan berhasil membuat 32 gol saat berhadapan dengan tim perwakilan dari negara Inggris, Jerman, hingga tuan rumah Swedia.

Event ini turut didukung oleh Soetantyo Foundation yang berfokus pada 3 aspek sosial, yakni pengembangan bakat, nutrisi dan kesehatan, serta lingkungan hidup dan keberlanjutan.

“Kami turut bangga pada bakat anak-anak yang hadir dalam kegiatan ini. Ke depannya, Soetantyo Foundation akan terus berkomitmen mendukung program-program yang serupa dengan fokus aspek sosialnya, agar dapat membangun dan menciptakan Indonesia unggul dan maju,” ungkap Dicky Hernawan selaku Ketua Soetantyo Foundation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.