Sukses

Jajal 4 Motor di Tes Pramusim MotoGP, Marc Marquez Sebut Honda Belum Layak Masuk 5 Besar

Marc Marquez menyebut kalau tes pramusim MotoGP di sirkuit Sepang hanya untuk pengembangan. Dia akan menentukan pilihan usai tes di sirkuit Portimao.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Marc Marquez sudah menjajal empat motor Honda dari dua hari tes pramusim MotoGP yang berlangsung di sirkuit Sepang sejak Jumat (10/2/2023). Pembalap Repsol Honda itu pesimistis bisa menentukan pilihan meski tes pramusim Sepang selesai.

Marquez mengaku baru bisa pilih dua mesin pada tes terakhir di sirkuit Portimao pada 11-12 Maret 2023 nanti. Empat motor yang dipakai Marquez di tes pramusim MotoGP Sepang yaitu satu motor spek 2022 dan tiga motor dengan livery hitam yang merupakan motor prototipe.

Marquez tak menyebut motor mana yang tak sesuai dengan keinginannya. Namun dia meyakini motor yang "jelek" akan tak dipakainya lagi di sisa tes Sepang.

"Hari ini (kemarin), motor Repsol Honda yang berwarna tak lagi di paddock karena itu motor 2022. Kami konsentrasi dengan tiga motor hitam yang berbeda," kata Marquez seperti dikutip crash.

"Kami menjajal ketiga motor. Ada satu motor yang tak dipakai lagi, kami akan terus bekerja keras. Saya tak akan sebut motor mana yang saya tolak, mungkin hari ini tak ada lagi di paddock."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi Marquez

 

Pada tes pramusim hari kedua yang diguyur hujan, Marquez hanya mapu mencatatkan waktu terbaik ke-13. Dia terpaut 0,714 detik dari Jorge Martin yang menjadi tercepat pada tes hari kedua.

Marquez mengaku ada dua motor tersisa yang akan dijajalnya pada Minggu (12/2/2023). Ada plus minus dari kedua motor yang tersisa.

"Ada satu motor yang beda dibandingkan yang lain dan ada satu lagi yang kurang potensial tapi ada hal menarik. Jadi mekanik harus analisa ini dan mereka punya waktu satu bulan," kata Marquez.

 

3 dari 4 halaman

Hari Terakhir

 

Marquez mengaku belum puas dengan motor yang ada. Dia baru akan katakan siap dengan motor 2023 kalau sudah menjajalnya di tes terakhir.

"Keputusan akhir akan diambil di tes terakhir di Portimao. Kami punya banyak hal, besar dan kecil. Kami terus membanding-bandingkan sampai hal detil agar tidak ada yang luput," katanya.

"Kami masih jauh dari tim lain, itu jelas. Hari kedua menjadi momen bagi saya mencoba hal baru dan besok (hari ini), saya akan konsentrasi temukan ritme dan detail-detail kecil."

 

4 dari 4 halaman

Belum Masuk 5 Besar

 

Marquez menilai motor 2023 belum selevel dengan tim lain. Dia bahkan menyebut saat ini kondisi motor belum pantas masuk 5 besar.

"Kami tertinggal dari rival tapi saya yakin kami bisa memperbaiki. Motor harus ada perbaikan signifikan, untuk saat ini sulit tembus 5 besar," katanya.

"Namun saya percaya dengan Honda, mereka punya satu bulan. Mereka sudah bilang kalau Malaysia memang tahap pengembangan dan Portimao, kami akan melakukan langkah berikutnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.