Sukses

Hasil Indonesia Masters 2023: The Minions Mundur, Chico Tembus ke Perempat Final

Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memutuskan mundur di pertengahan set ketiga babak 16 besar Indonesia Masters 2023 kontra Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) akibat cedera. Sementara itu, Chico Aura Dwi Wardoyo sukses tembus ke perempat final usai menumbangkan Loh Kean Yew (Singapura).

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra bulu tangkis Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal melangkah ke perempat final ajang Indonesia Masters 2023.

Duo berjuluk The Minions itu memutuskan mundur di pertengahan set ketiga babak 16 besar, Kamis (26/1/2023), lantaran Marcus mengalami cedera. Dengan demikian, pasangan China Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, yang menjadi lawan Marcus/Kevin, berhak melaju ke fase selanjutnya.

The Minions sejatinya tampil agresif di awal game pertama. Keduanya mampu memamerkan serangan yang bervariasi, hingga mampu unggul lima angka dalam kedudukan 8-3.

Liu/Ou mencoba mengikis ketertinggalan. Namun, dominasi Marcus/Kevin kian sulit dipatahkan jelang interval. The Minions menutup paruh pertama dengan skor meyakinkan 11-4.

Wakil Tiongkok mengencangkan permainan selepas jeda. Mereka mampu mengoleksi tambahan empat poin berturut-turut, yang membuat kedua pasangan menjadi hanya terpaut tiga angka di kedudukan 12-9.

Marcus/Kevin kembali mencoba tancap gas. Wakil Indonesia mengirim drop shot yang gagal dikembalikan oleh lawan. The Minions juga aktif melancarkan smash keras ke bidang pertahanan kubu Tiongkok.

Walau begitu, defense apik yang diperlihatkan Liu/Ou justru membuat duo Tanah Air banyak kehilangan poin. Ganda putra China makin mendekati torehan skor Marcus/Kevin di poin-poin kritis. Duo pasangan cuma berselisih satu angka dengan 18-17.

Duel sengit pun tak terhindarkan di pengujung set pembuka. Marcus/Kevin dipaksa bekerja keras sebelum akhirnya mencuri kemenangan lewat keunggulan relatif tipis 21-19.

Situasi kontras terjadi di awal set kedua. Liu/Ou dibiarkan melesat hingga 3-0. Kesalahan-kesalahan sendiri yang dilakukan oleh Marcus/Kevin banyak memberi keuntungan bagi ganda putra asal Tiongkok.

The Minions gantian berada di posisi minor 4-11 saat jeda. Tren negatif ini terus berlanjut hingga pengujung set kedua. Liu/Ou tak butuh waktu terlalu lama untuk menuntaskan perlawanan Kevin/Marcus dengan skor telak 8-21.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Ketiga

Duel sengit tersaji di permulaan game ketiga. Marcus/Kevin mencoba kembali ke pola permainan agresifnya di awal pertandingan. Namun, pasangan Indonesia malah berada di posisi tertinggal 3-7 jelang interval.

The Minions berupaya mengejar ketertinggalan. Memanfaatkan unforced errors kubu Tiongkok, Marcus/Kevin memangkas selisih jarak menjadi hanya dua poin di kedudukan 6-8.

Sayang momentum wakil Indonesia diganggu oleh service fault. Alhasil, Marcus/Kevin kembali terpaut lima angka, 6-11, dengan duo Tiongkok di jeda set penentu. The Minions memutuskan untuk tak melanjutkan pertandingan selepas jeda.

Keduanya mundur lantaran Marcus mengalami cedera yang mencegahnya untuk bersaing hingga pengujung set ketiga.

3 dari 4 halaman

Chico Aura vs Loh Kean Yew

Sementara itu di lapangan berbeda, Chico Aura Dwi Wardoyo ditantang oleh unggulan ketiga asal Singapura, Loh Kean Yew. Penampilannya pun cukup menjanjikan hingga mampu memaksa Loh berada di posisi minor 11-7 saat interval set pembuka.

Malang, dominasi Chico perlahan memudar selepas jeda. Loh Kean Yew dengan sabat mengumpulkan poin demi poin untuk mengikis ketertinggalan. Angka kembar akhirnya tercipta di kedudukan 13-13. Drama kejar-kejaran skor pun tersaji di antara kedua pemain.

Torehan poin Chico dan Loh saling menempel hingga mendekati pengujung game pertama. Namun, wakil Indonesia mampu mengambil alih kendali di kedudukan 18-18, sebelum akhirnya mengakhiri duel dengan skor akhir 21-18.

Chico tampil makin solid di awal game kedua. Ia sanggup membuat Loh Kean Yew tertinggal delapan angka dengan 11-3 saat interval. Tunggal putra Indonesia masih gemilang selepas jeda. Ia tak terlalu banyak memberi kesempatan bagi Loh untuk menambah angka.

Tunggal putra Indonesia sudah mendapat match point opportunity di kedudukan 20-9. Namun Loh secara mengejutkan justru comeback di pengujung laga.

Ia enam kali mencegah kemenangan Chico, sebelum shuttlecock yang dikirimkannya memanjang ke belakang area permainan wakil Tanah Air, sekaligus mengakhiri laga dengan skor akhir 21-15 untuk keunggulan Chico.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Lapangan 1:

Pertandingan ke-4: Anthony Sinisuka Ginting vs Shi Yu QI (China); 19-21, 16-21

Pertandingan ke-6: Gregoria Mariska Tunjung vs He Bing Jiao (China); 21-19, 21-17

Pertandingan ke-7: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China); 21-19, 8-21, 6-11(ret)

Pertandingan ke-12: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Chang Ko-Chi/Po Li-Wei (China Taipei)

Pertandingan ke-13: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Lapangan 2:

Pertandingan ke-1: Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China); 20-22, 17-21

Pertandingan ke-4: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Hu Ling Fang/Lin Xiao Min; 22-20, 21-16

Pertandingan ke-5: Putri Kusuma Wardani vs An Se Young (Korea Selatan); 21-18, 7-21, 10-21

Pertandingan ke-6: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Loh Kean Yew (Singapura); 21-18, 21-15

Pertandingan ke-7: Jonatan Christie vs Shesar Hiren Rhustavito

Pertandingan ke-8: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang (China)

Pertandingan ke-10: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Lee Chun Hei Reginald/Ng Tsz Yau (Hong Kong)

Pertandingan ke-12: Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa (India)

Pertandingan ke-13: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China)

Lapangan 3:

Pertandingan ke-14: Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata vs Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 09.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.