Sukses

Mengenal Viking FK, Klub Pemain Naturalisasi Terbaru Shayne Pattynama

Viking FK berdiri pada 10 Agustus 1899, merupakan sebuah tim sepak bola Norwegia yang bermain di divisi utama Tippeligaen.

Liputan6.com, Jakarta Shayne Pattynama telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain klub Viking FK ini, sekarang sudah bisa membela timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Shayne Pattynama sudah melakukan pengambilan sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Selasa lalu.

Setelah resmi jadi WNI, Shayne menjadi pemain naturalisasi ketiga timnas Indonesia pada era kepelatihan Shin Tae-yong. Pemuda keturunan Belanda itu mengikuti jejak Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Shayne sempat bermain di Belanda sebelum kemudian hijrah ke Norwegia. Dia bermain untuk klub Viking FK di Eliteserien, kompetisi level paling atas di negara Skandinavia tersebut.

Terkait dengan keputusan Shayne menjadi WNI, Viking FK mengucapkan selamat dan menyemangati Shayne yang ingin berjuang membela Skuad Garuda.

“Selamat Shayne Pattynama. Siap berjuang untuk Timnas Indonesia,” tulis Viking FK dalam unggahan Instagram resminya (@viking_fk), dikutip pada Rabu (25/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Divisi Utama

Viking FK berdiri pada 10 Agustus 1899. Klub merupakan sebuah tim sepak bola Norwegia yang bermain di divisi utama Tippeligaen.

Berbasis di Stavanger. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Viking Stadion yang berkapasitas 16.600 penonton. Seragam mereka berwarna biru putih.

Viking FK adalah salah satu klub paling sukses di sepak bola Norwegia, setelah memenangkan 8 kejuaraan Divisi Pertama Norwegia, terakhir pada tahun 1991, dan 6 gelar Piala Norwegia domestik, terakhir pada tahun 2019.

3 dari 4 halaman

Pemain Terkenal

Selama tahun 1930-an, klub menghasilkan banyak pemain paling terkenal, termasuk Reidar Kvammen, yang bermain untuk tim Olimpiade pemenang medali perunggu Norwegia pada tahun 1936.

Saudaranya adalah Arthur Kvammen juga menandatangani kontrak untuk Norwegia, sementara Bernhard Lund kemudian menulis klub. lagu kebangsaan.

4 dari 4 halaman

Meningkat

Sementara itu, penampilan Shayne bersama Viking VK terus meningkat. Pemilik nomor punggung 20 ini berperan dalam 24 laga Viking VK di Eliteserien 2021 dengan mencetak 2 gol.

Pada 2022, Shayne kembali berkontribusi dalam 18 pertandingan di liga lokal. Artinya, dia sudah tampil 42 kali sepanjang 2 musim di Eliteserien dari total 55 pertandingan di semua ajang.

Mengutip data Whoscored, Shayne Pattynama turut andil bersama Viking dalam babak kualifikasi UEFA Conference League 2022/2023 dengan jumlah 6 laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.